nusabali

Bank Daerah Bangli Permudah Kredit Kerja ke Luar Negeri

  • www.nusabali.com-bank-daerah-bangli-permudah-kredit-kerja-ke-luar-negeri

Kredit langsung cair setelah hasil medical check up keluar.

BANGLI, NusaBali
Bank Daerah Bangli kucurkan kredit tanpa agunan bagi calon tenaga kerja ke luar negeri. Kredit yang diberikan mulai dari Rp 35 juta hingga Rp 50 juta. Direktur Bank Daerah Bangli, I Made Astawa menjelaskan, kredit tanpa agunan untuk membantu warga Bangli yang mau bekerja ke luar negeri. Pemohon kredit tanpa agunan harus melengkapi syarat hasil medical check up, job letter, dan surat keterangan dari Dinas Tenaga Kerja.

Made Astawa menegaskan, kredit bagi calon tenaga kerja ke luar negeri ini akan cair menjelang keberangkatan. Rencananya, pencairan dipermudah lagi, langsung cair setelah medical check up keluar. Pencairan bertahap sesuai kebutuhan. Semisal untuk pengurusan paspor atau pembelian tiket. “Mudah-mudahan ada dukungan dana dari Pemkab Bangli. Bank Daerah Bangli dapat mempermudah persyaratan pencairan kredit,” ungkap Made Astawa, Jumat (7/1).

Selama ini usulan kredit tidak hanya untuk pekerja ke kapal pesiar, juga pekerja magang ke Jepang. Program kredit tanpa agunan ini cukup diminati. Saat ini ada puluhan usulan kredit. “Sudah mulai ada pemberangkatan, usulan yang masuk sudah puluhan dan tinggal proses pencairan,” kata direktur asal Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli ini. Menurut Made Astawa, pembayaran kredit lancar. Namun akibat pandemi Covid-19, ada pekerja yang dipulangkan sehingga tidak bisa bayar kredit. Bank Daerah Bangli melakukan relaksasi. “Setelah mereka bekerja kembali sudah mulai melakukan pembayaran,” jelas Made Astawa. *esa

Komentar