nusabali

BPBD Karangasem Bersihkan Material Longsor

  • www.nusabali.com-bpbd-karangasem-bersihkan-material-longsor

AMLAPURA, NusaBali
Tim Reaksi Cepat BPBD Karangasem membersihkan material tanah longsor di Banjar Telengan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (6/1).

Material longsor berupa batur besar dengan panjang 2 meter dan diameter 2 meter. Batu besar ini dipindahkan dengan ekskavator. Sebelum evakuasi batu besar, kendaraan roda empat tidak bisa melintas di lokasi.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengungkapkan bencana tanah longsor terjadi Senin (3/1) sekitar pukul 20.00 Wita. Batu besar yang jatuh di tengah jalan tidak bisa digeser secara manual. BPBD pun berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pemukiman (PUPR Perkim) untuk mendatangkan ekskavator. “Jalur Banjar Telengan Desa Gegelang menuju Banjar Ketug Desa Antiga Kecamatan Manggis rawan longsor,” ungkap Ida Bagus Ketut Arimbawa.

IB Arimbawa mengatakan, penanganan selanjutnya yakni pembersihan jalan dengan semprotkan air agar jalan tidak licin. Perbekel Desa Gegelang I Dewa Komang Parwata mengapresiasi kinerja TRC BPBD dalam penanganan tanah longsor disertai bongkahan batu besar jatuh ke jalan. Akses jalan di Banjar Telengan sudah bisa dilalui pengendara. “Tinggal melakukan pembersihan agar jalan tidak licin,” ungkap Dewa Parwata. *k16

Komentar