nusabali

Polisi Disiplinkan Prokes di Pasar Melaya

  • www.nusabali.com-polisi-disiplinkan-prokes-di-pasar-melaya

NEGARA, NusaBali
Pemerintah Pusat kembali memperpanjang penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Seiring hal itu, jajaran Polres Jembrana terus mendorong vaksinasi Covid-19 termasuk menggencarkan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) di masyarakat. Seperti dilaksanakan petugas kepolisian dari Polsek Melaya, Kamis (6/1). Kanit Binmas Polsek Melaya AKP I Gusti Made Sudarsa bersama anggota dan sejumlah petugas Bintara remaja tracer Covid-19, turun melaksanakan pendisiplinan prokes ke sejumlah tempat umum. Selain menyasar pasar dan pertokoan, tim dari Polsek Melaya juga melakukan pendisiplinan prokes ke tempat layanan vaksin Covid-19 di puskemas maupun gebyar vaksin di masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, petugas menekankan imbauan dan sosialisasi terkait pelaksanaan Inmendagri Nomor 1 Tahun 2022 tentang PPKM level 3, 2 dan 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali. Meski status PPKM di Jembrana masih berada di level 2, masyarakat diminta agar selalu menerapkan prokes dan segera melaksanakan vaksinasi Covid-19 lengkap hingga dosis kedua.

Di samping itu, diimbau kepada masyarakat agar melengkapi diri dengan aplikasi PeduliLindungi. Begitu juga diingatkan agar disiplin melakukan scan barcode jika bepergian ke toko-toko,mall, swalayan, ataupun tempat-tempat umum dan tempat layanan publik. "Kami dari aparat Kepolisian akan terus menggencarkan kegiatan himbauan kepada masyarakat terkait penerapan PPKM yang masih belaku saat ini. Kita maksimalkan pencegahan dan penanggulangan. Termasuk  mengantisipasi penyeberan Covid-19 varian baru," ucap AKP Sudarsa.

Dalam kegiatan pendisiplinan prokes tersebut, AKP Sudarsa mengatakan, juga sempat memberikan teguran simpatik kepada empat warga yang tidak memakai masker. Empat warga itu, di antaranya dua pengunjung di Pasar Melaya dan dua siswa pulang sekolah yang sempat ditemui di sebuah toko dekat Pasar Melaya. "Sambil kami berikan masker, kami ingatkan agar ke depan selalu ingat pakai masker untuk saling melindungi," ujar AKP Sudarsa.

AKP Sudarsa menambahkan, sesuai arahan Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, pihaknya turut mensosialisasikan kepada masyarakat terkait rencana penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan di pusatkan di Bali. Dengan kesuksesan penyelenggaran KTT G20 nanti, diharapkan  perekonomian masyarakat bisa segera bangkit. "Jadi kami imbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) agar tetap aman dan kondusif. Di samping tetap menjaga prokes untuk dijadikan kebiasaan," pungkas AKP Sudarsa. *ode

Komentar