nusabali

Bhabinkamtibmas Pasang Water Barrier

Jalan Berlubang Picu Kecelakaan

  • www.nusabali.com-bhabinkamtibmas-pasang-water-barrier

NEGARA, NusaBali
Para pengguna jalan di Jalan Plawa, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana, harus lebih berhati-hati.

Karena di jalan setempat ada sebuah lubang. Guna mengantisipasi kecelakaan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Baler Bale Agung berusaha memberi tanda dengan memasang water barrier (penghalang air), Kamis (6/1) siang.

Lubang jalan yang cukup membahayakan pengguna jalan itu, tepat terjadi pada titik gorong-gorong atau lubang drainase. Warga yang mengetahui adanya jalan berlubang pada Rabu (5/1) itu, sempat menguruk dan memasang tiang bambu berisi kaping untuk memberikan tanda kepada pengguna jalan.

Namun tanda seadanya itu dikhawatirkan tidak begitu efektif. Menyikapi hal tersebut, dari Bhabinkamtibmas I dan II Baler Bale Agung Aiptu I Ketut Arsana dan Aiptu I Putu Budi Arnaya, berinisiatif memasang dua buah water barrier untuk tanda lebih jelas. Water barrier yang dipasang Kamis siang kemarin itu pun sengaja diisi air agar lebih berat sehingga tidak mudah digeser.

"Pemasangan water barrier di lokasi jalan yang berlubang untuk memberikan tanda kepada pengendara agar waspada dan berhati-hati. Sehingga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas karena jalan berlubang," ujar Bhabinkamtibmas II Baler Bale Agung Aiptu I Putu Budi Arnaya.

Iptu Budi Arnaya mengatakan, kondisi jalan berlubang Itu juga mendapat perhatian dari Sat Lantas Polres Jembrana. Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Jembrana Aiptu I Putu Kompyang Suardika bersama petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Jembrana sempat menyurvei kerusakan jalan tersebut.

Kapolsek Negara Kompol I Gusti Made Sudarma Putra secara terpisah mengatakan, dalam setiap kegiatan selalu mengingatkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Sekaligus mencegah gangguan Kamtibmas dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. "Termasuk juga mengantisipasi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan adanya jalan berlubang. Kita minta Bhabinkamtibmas peka dengan kondisi di wilayahnya, dan memaksimalkan pencegahan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya. *ode

Komentar