nusabali

Puluhan Perbekel Anyar Segera Dapat Pembekalan

  • www.nusabali.com-puluhan-perbekel-anyar-segera-dapat-pembekalan

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Buleleng saat ini tengah menyusun jadwal pelatihan, untuk 41 orang perbekel anyar yang baru dilantik pertengahan Desember 2021 lalu.

Puluhan perbekel ini akan dilatih untuk menambah kapasitas mereka sebagai seorang perbekel. Kepala Dinas PMD Buleleng, I Nyoman Agus Jaya Sumpena ditemui Kamis (6/1) kemarin, mengatakan, pelatihan penambahan kapasitas ini sangat penting diberikan pada perbekel yang baru menjabat. Ilmu pemerintahan wajib dimiliki oleh seorang perbekel, sebab latar belakang perbekel berasal dari berbagai disiplin ilmu.

“Program peningkatan kapasitas perbekel ini perlu, sebagai bekal perbekel menjalankan pemerintahan di desa. Bagaimana mengelola desa, membuat perencanaan termasuk mengelola anggaran dari APBDes maupun Dana Desa (DD),” ucap Jaya Sumpena.

Menurutnya, peningkatan kapasitas melalui pelatihan rencananya akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang. Yang paling ditekankan setelah mengikuti pelatihan perbekel anyar dapat menyusun Rencana Pembangunan Jangka  Menengah (RPJM) Desa. Selain itu yang tak kalah penting, perbekel harus mampu menuangkan visi dan misinya mengacu pada RPJMD Kabupaten yang merupakan penjabaran visi dan misi bupati.

“Program di desa harus searah dan ngematch dengan program pemerintah kabupaten, jangan sampai berlawan, sehingga pembangunan daerah bisa dipercepat dan berjalan beriringan didukung program dari desa,” imbuh mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Buleleng ini.

Sementara itu, sebelumnya Dinas PMD diakhir tahun 2021 lalu melantik sebanyak 40 orang perbekel baru. Sebanyak 40 orang perbekel anyar dari hasil Pilkel Serentak yang sudah berproses sejak Mei 2021. Sedangkan 1 orang lainnya merupakan Perbekel Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa/Kecamatan Gerokgak, pasca perbekel lama meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. *k23

Komentar