nusabali

Pilkel Serentak di Gianyar Masuki Tahap Penyampaian Visi-Misi

  • www.nusabali.com-pilkel-serentak-di-gianyar-masuki-tahap-penyampaian-visi-misi

GIANYAR, NusaBali
Pemilihan perbekel serentak 11 desa di Kabupaten Gianyar memasuki penyampaian visi dan misi.

Selain 11 desa yang melaksanakan pemilihan perbekel, terdapat dua desa yang melaksanakan pilkel pergantian antar waktu (PAW), yakni Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring dan Desa Melinggih, Kecamatan Payangan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gianyar  Ngakan Ngurah Adi, menyebutkan masing-masing calon saat ini sudah tahapan penyampaian visi misi di hadapan warga pemilih. “Penyampaian visi misi sampai pada 12 Januari nanti, yang selanjutnya memasuki hari tenang,” kata Ngakan Ngurah Adi, Kamis (6/1).

Sedangkan pencoblosan dilaksanakan pada 16 Januari mendatang. “Bila tidak ada halangan dan persoalan, maka pelantikan dilaksanakan 1 Februari,” tambahnya.

Disebutkannya semua desa yang melaksanakan pilkel tidak ada yang calon tunggal, dan calon terbanyak adalah 4 calon.

Sedangkan penyampaian visi misi ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat, dan pembagian waktu untuk kampanye penyampaian visi misi diatur oleh panitia pilkel. “Sampai saat ini tidak ada potensi geseken, semua berjalan dengan lancar,” ucap Ngakan Ngurah Adi.

Di samping itu, alat peraga juga dibatasi dan boleh dipasang pada tempat yang telah ditentukan panitia pilkel.

Desa-desa yang melaksanakan pilkel adalah Desa Sukawati 2 calon, Buruan 2 calon, Lebih 2 calon, Petak 3 calon, Temesi 4 calon, Tegaltugu 2 calon, Sanding 2 calon, Pejeng Kawan 4 calon, Pejeng Kangin 3 calon, Pejeng Kelod 4 calon, dan Desa Kelusa 3 calon. Untuk dana pilkel sepenuhnya dari APBDes dengan pola Bantuan Keuangan Khusus (BKK) tahun 2021 dianggarkan 30 persen dan tahun 2022 dianggarkan 70 persen.

Terkait bilik suara, menggunakan hibah dari KPU Gianyar. Alokasi bilik suara disesuaikan dengan kebutuhan per desa yang melaksanakan pilkel. Sedangkan kotak suara diusahakan sendiri dari panitia pilkel dengan bentuk dan ukuran sesuai petunjuk teknis. *nvi

Komentar