nusabali

BPBD Evakuasi Pohon Tumbang di Desa Pertima

  • www.nusabali.com-bpbd-evakuasi-pohon-tumbang-di-desa-pertima

AMLAPURA, NusaBali
Pohon santan panjang 20 meter dengan diameter 50 cm tumbang di Banjar Perasi Kelod, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem tumbang ke jalan, Rabu (5/1) sekitar pukul 04.00 Wita.

Pohon santan tumbang akibat akarnya sudah lapuk. Selama evakuasi pohon tumbang oleh Tim Reaksi Cepat BPBD Karangasem, akses menuju Objek Wisata Pantai Bangklangan terhambat.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik I Putu Eka Putra Tirtana bersama anggota turun ke lokasi dengan membawa dua chainsaw. Akar pohon lapuk sehingga tumbang diguyur hujan. Syukur saat kejadian tidak ada warga yang melintas. Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, masih banyak pohon tua tumbuh di pinggir jalan yang rawan tumbang. “Daripada tumbang dan membahayakan, sebaiknya ditebang dan digunakan jadi bahan bangunan,” saran Ida Bagus Arimbawa.

Pada Senin (3/1), sebanyak 4 pohon tumbang. Salah satunya rumpun bambu tumbang disertai tanah longsor di Banjar Gede, Desa Muncan, Kecamatan Selat menimpa tembok garase milik I Ketut Wira Adi. Perbekel Desa Muncan I Wayan Tunas melaporkan kejadian itu ke Pos BPBD Karangasem. Petugas turun membawa 2 chainsaw. Penanganannya cukup lama karena banyak batang bambu yang mesti dipotong satu per satu. *k16

Komentar