nusabali

Wujudkan Bangli Kota Terbersih, DLH Siapkan Layanan 24 Jam

  • www.nusabali.com-wujudkan-bangli-kota-terbersih-dlh-siapkan-layanan-24-jam

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli menggarap serius wacana menjadikan kota Bangli sebagai kota terbersih. Mewujudkan Bangli Kota Terbersih, Dinas Lingkungan Hidup akan mengoptimalkan layanan kebersihan.

Masyarakat juga dilibatkan bergotong royong. Kadis Lingkungan Hidup Bangli, Putu Ganda Wijaya mengaku segera melauching program Gemaripah Sadia Mukti atau gerakan masyarakat mengolah sampah mewujudkan Bangli trepti.

Menurut Putu Ganda, program ini untuk menggemakan kebersihan di Bangli. Dalam pelaksanaan program ini, DLH memberikan pelayanan 24 jam. “Petugas bekerja dengan sistem shift mulai pukul 05.00 hingga 20.00 Wita. Dari pukul 20.00 Wita hingga pukul 05.00 Wita adalah sistem on call. Jika masyarakat membutuhkan layanan maka bisa menghubungi kami,” jelas Putu Ganda, Rabu (5/1). Program ini baru mencakup jalur kota Bangli.

Setelah pengangkutan sampah akan ada petugas penyisir memanfaatkan kendaraan roda tiga. Pengangkutan sampah mulai pukul 05.00 Wita hingga pukul 08.00 Wita. “Apabila masih ada sampah setelah pengangkutan maka diangkut kembali oleh petugas menggunakan motor,” jelas Putu Ganda yang mantan Kepala Bappeda Bangli. Sebanyak 400 petugas DLH Bangli melayani masyarakat. Mereka tidak hanya mengangkut sampah, juga menyapu dan penataan taman.

Putu Ganda menggelorakan kembali kegiatan gotong royong. “Harapan wacana Bangli jadi kota terbersih bisa terwujud,” ungkap Putu Ganda. Di sejumlah desa sudah terbangun TPS3R pada tahun 2021. Tahun ini ada belasan desa yang diusulkan untuk pengembangan TPS3R. “TPS3R berdasarkan usulan desa, diproses dan verifikasi. Desa yang memenuhi persyaratan mendapatkan program TPS3R," sambungnya. *esa

Komentar