nusabali

Selama 19 Hari, Layani 406 Ribu Penumpang

Posko Monitoring Nataru di Bandara Ngurah Rai Ditutup

  • www.nusabali.com-selama-19-hari-layani-406-ribu-penumpang

MANGUPURA, NusaBali
Selama 19 hari pembukaan posko monitoring Nataru di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Angkasa Pura I selaku pengelola bandara melayani 406.682 penumpang, baik yang tiba dan berangkat.

Catatan ini meningkat dari pencatatan periode yang sama pada tahun sebelumnya. General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry AY Sikado, mengatakan berdasarkan data selama periode Nataru, yakni dari 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 terjadi peningkatan jumlah arus penumpang domestik, baik yang datang maupun berangkat. Jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, pada periode Nataru tahun ini jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 406.682 orang. Catatan ini naik sekitar 56.05 persen dibandingkan periode nataru tahun sebelumnya yang hanya melayani 260.476 penumpang.

“Peningkatan pergerakan penumpang ini merupakan angin segar bagi kita. Namun, tentu tetap waspada menyikapi kondisi pandemi global saat ini,” kata Herry di sela-sela penutupan posko monitoring Nataru di Terminal Kedatangan Domestik Bandara Ngurah Rai, Rabu (5/1).

Herry menjelaskan, jumlah pergerakan penumpang, baik yang datang maupun berangkat tertinggi atau puncaknya terjadi pada 19 Desember 2021 dengan 28.975 penumpang. Sedangkan di masa arus balik pergerakan penumpang paling banyak, yakni sebanyak 24.731 penumpang, tercatat pada 2 Januari 2022.

Di sisi lain, peningkatan sektor penumpang ini berbanding terbalik dengan pergerakan pesawat. Untuk pergerakan pesawat yang datang maupun berangkat mengalami penurunan sebesar 6,15 persen selama periode Nataru tahun ini dengan jumlah total 3.299 pesawat. Tahun lalu tercatat 3.515 pesawat. “Meski terjadi penurunan tapi capaian ini merupakan andil dari seluruh komunitas bandar udara. Saya optimistis tingkat kunjungan di tahun ini akan semakin meningkat. Saya memohon kerja sama dan sinergi untuk dapat terus menerus meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa,” harap Herry.

Sementara, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Putu Eka Cahyadhi, mengaku selama dibukanya posko terpadu angkutan Nataru 2021/2022 di Bandara Ngurah Rai, berjalan lancar, aman, dan terkendali. Berbagai regulasi baik yang berkaitan dengan protokol kesehatan (prokes) telah dilaksanakan oleh unsur-unsur terkait baik penyelenggara bandara, maskapai, ground handling, instansi pemerintah, serta tim posko.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama seluruh pihak selama periode angkutan Nataru di Bandar Ngurah Rai. Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personil dari satuan tugas masing-masing yang telah berkorban waktu, tenaga, dan pikiran sehingga operasional posko ini dapat berjalan aman, tertib, dan lancar dari awal hingga akhir,” katanya. *dar

Komentar