nusabali

Pedagang Pelataran Pasar Kumbasari Uji Coba Penempatan

Dilakukan Penataan Agar Tak Ada Lagi Kesan Semrawut

  • www.nusabali.com-pedagang-pelataran-pasar-kumbasari-uji-coba-penempatan

DENPASAR, NusaBali
Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar sudah mulai uji coba penempatan Pedagang di Pelataran Pasar Kumbasari.

Uji coba tersebut sudah mulai dilakukan sejak 1 Januari 2022 untuk menata kawasan agar tetap rapi dan bersih. Dirut Perumda Pasar Sewaka Dharma, Ida Bagus Kompyang Wiranata saat dihubungi, Selasa (4/1) mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan ujicoba untuk pedagang pelataran Pasar Kumbasari. Pedagang yang diuji coba hanya sebagian, yakni pedagang kering saja.

Dalam uji coba ini, pedagang yang berjualan di pelataran Pasar Kumbasari sebanyak 122 orang. Sisanya masih ada di pelataran Pasar Badung dan pinggiran Tukad Badung sebanyak 124 orang. Sedangkan untuk pedagang ikan sudah kembali ke lokasi semula di bawah sentral parkir selatan Pasar Kumbasari.

“Ya, sejak tiga hari lalu (1 Januari 2022) kami sudah mencoba untuk melakukan ujicoba membuka kembali pedagang pelataran Kumbasari. Akan tetapi ini baru pedagang kering saja. Sisanya masih di basement Pasar Badung,” jelas pejabat yang biasa disapa Gus Kowi ini. Dalam uji coba ini Gus Kowi mengatakan pihaknya berusaha untuk menampilkan kesan yang lebih baik dari segi estetika, kenyamanan, serta keseragaman. Karena setelah penataan wajah Pasar Kumbasari harus tetap terjaga kebersihannya.

Dikatakannya, dalam ujicoba ini para pedagang secara swadaya menyiapkan payung serta meja yang digunakan untuk berjualan. Kesannya sudah mulai terlihat seragam. Tidak lagi ada kesan semrawut. “Itu murni pedagang yang secara swadaya menyiapkan. Kesannya supaya tampil lebih bersih,” ujar mantan Ketua Komisi II DPRD Denpasar ini.

Terkait waktu buka mereka masih tetap seperti semula, yakni mulai pukul 17.00 Wita hingga pukul 07.00 Wita. Masa uji coba ini akan melihat kondisi penataan tahap II. “Kemungkinan hingga berlangsungnya penataan tahap II nanti. Karena ada proyek yang akan dilakukan kembali,” tandasnya. *mis

Komentar