nusabali

Usai Tes Wawancara, Timsel Segera Gelar Pleno

Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu RI

  • www.nusabali.com-usai-tes-wawancara-timsel-segera-gelar-pleno

JAKARTA, NusaBali
Tes wawancara Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI telah berlangsung pada 26-30 Desember 2021 lalu.

Ada 28 Calon Anggota KPU RI dan 20 Calon Anggota Bawaslu RI mengikuti tes wawancara tersebut. Usai tes wawancara, Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI akan segera menggelar pleno.

"Langkah selanjutnya, kami akan menggelar pleno timsel. Tujuannya untuk memilih 14 Calon Anggota KPU RI dan 10 Calon Anggota Bawaslu RI. Kemudian nama-nama tersebut diserahkan kepada presiden," ujar Anggota Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI, I Dewa Gede Palguna kepada NusaBali melalui pesan singkatnya, Selasa (4/1).

Berdasarkan jadwal, Timsel akan menyerahkan nama-nama ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 7 Januari 2022. Setelah menerima nama-nama itu, presiden akan mengajukan ke DPR RI. DPR RI, khususnya Komisi II DPR RI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap pada Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI.

Saat para Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI menjalani tes wawancara, timsel menyiarkan secara langsung melalui Youtube. Palguna menilai, ketika para peserta mengikuti tes wawancara, rata-rata menguasai masalah tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

"Bahkan, di antaranya dapat dikatakan sangat menguasai," jelas Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) ini. Tes wawancara sendiri berlangsung 1 jam 15 menit. Diawali dengan pemaparan peserta selama 10 menit. Selanjutnya timsel melakukan pendalaman terhadap pemaparan peserta lewat tanya jawab. Nantinya, lanjut Palguna, tes wawancara akan menjadi bahan diskusi timsel saat pleno. Ditambah dengan hasil tes psikologi lanjutan atau dinamika kelompok. *k22

Komentar