nusabali

Diskes Tingkatkan Pelacakan

Omicron Belum Terdeteksi di Gianyar

  • www.nusabali.com-diskes-tingkatkan-pelacakan

GIANYAR, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Gianyar kini menindaklanjuti data terkait adanya wisawatan terpapar Covid varian Omicron, usai liburan ke Bali.

Diskes  kini meningkatkan upaya untuk mengidentifikasi varian baru yang dinilai lebih ganas dari varian Covid sebelumnya.  Kepala Diskesn Gianyar dr Ida Komang Upeksa menyatakan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Gianyar telah melakukan upaya surveillance atau pengawasan. Langkah itu antara lain dengan meningkatkan tracking atau penelusuran terhadap pasien dan kontak erat. “Kami juga melakukan testing kasus  Influenza Like Ilnes (ILL) di Fasilitas Kesehatan,” ujarnya, Senin (3/1).

Selanjutnya, jelas Upeksa, petugas gabungan memperketat pengawasan protokol kesehatan (prokes), terutama pemakaian masker, mengecek suhu tubuh, dan mencuci tangan. Langkah lain yakni pengawasan terhadap pintu masuk perkantoran hingga tempat wisata. “Pengawasan pintu masuk atau tempat wisata oleh satgas Covid-19 ini dengan aplikasi PeduliLindungi,” jelasnya.

Meski sudah melakukan penelusuran, namun petugas belum menemukan adanya indikasi varian Omicron di Gianyar. “Belum ada,” tegasnya singkat.

Di bagian lain, Kapolres Gianyar AKBP Bayu Sutha Sartana menyatakan pada tahun 2022, kepolisian masih waspada dengan Covid, terlebih muncul varian Omicron. “Ke depan, kami amankan Gianyar dan mencegah masuknya Omicron,” ujarnya.

Kata Kapolres Bayu, polisi akan berpartisipasi dalam Satgas Covid-19 untuk tetap mengimbau masyarakat agar terus mengikuti prokes. “Dengan pengenaan masker salah satunya,” jelasnya. *nvi

Komentar