nusabali

Bye-Bye, 16.137 Penumpang Pesawat Udara Tinggalkan Bali dalam Sehari

  • www.nusabali.com-bye-bye-16137-penumpang-pesawat-udara-tinggalkan-bali-dalam-sehari

MANGUPURA, NusaBali.com - Puncak arus balik ke luar Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai terjadi Minggu (2/1/2022). Sebanyak 16.137 penumpang meninggalkan Pulau Dewata melalui bandara yang terletak di Kecamatan Kuta tersebut. Jumlah ini melonjak jauh dari 11.271 penumpang pada hari sebelumnya.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Senin (3/1/2022), mengatakan lonjakan penumpang keberangkatan tersebut akibat tingginya jumlah penumpang kedatangan dalam beberapa hari terakhir, namun baru kembali menjelang berakhirnya masa libur Natal dan Tahun baru. 

“Mungkin ini masyarakat yang memang sebelumnya sudah berada di Bali,” ujar Taufan Yudhistira.

Taufan menyebut, memasuki libur Natal dan Tahun Baru jumlah penumpang kedatangan rata-rata stabil di atas 10.000 per harinya. Namun, tingginya jumlah penumpang kedatangan memasuki Natal dan Tahun Baru tersebut tidak dibarengi dengan tingginya jumlah penumpang keberangkatan pada periode yang sama.  

“Penumpang agaknya baru kembali menjelang masa libur berakhir, sehingga terjadi lonjakan,” kata Taufan.

Setelah ini, Taufan menduga traffic penumpang akan kembali normal seperti sebelum periode Natal dan Tahun Baru. Penumpang kedatangan memasuki bulan Januari sedikit menurun dengan rata-rata penumpang sebanyak 7.000 orang dalam dua hari terakhir. 

Meski terjadi penurunan, Taufan menyebut, pola jumlah penumpang dalam tiap pekannya diprediksi masih akan tetap sama. Menjelang akhir pekan nanti jumlah penumpang akan sedikit meningkat, baik kedatangan maupun keberangkatan. 

“Biasanya setelah liburan landai dulu, anak sekolah sudah habis liburnya juga berpengaruh,” kata Taufan. 

“Setelah itu menjelang akhir pekan akan naik lagi, awal pekan turun lagi.” 

Taufan mengatakan semenjak diberlakukannya wajib vaksin dosis 2 kepada para calon penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan per 24 Desember 2021 lalu, memang terlihat adanya sedikit penurunan pada jumlah penumpang. 

Dengan berakhirnya aturan tersebut per 2 Januari 2021, sedikit banyak akan ikut mempengaruhi jumlah penumpang setelah periode libut Natal dan Tahun Baru.

Komentar