nusabali

Awal Tahun, Polres Jembrana Patroli Pendisiplinan Prokes

  • www.nusabali.com-awal-tahun-polres-jembrana-patroli-pendisiplinan-prokes

NEGARA, NusaBali
Awal tahun 2022 yang bertepatan dengan malam minggu, jajaran Polres Jembrana kembali melaksanakan patroli di seputaran Kota Negara, Sabtu (1/1) malam.

Di samping mengantisipasi trek-trekan, patroli yang dilaksanakan saat malam Hari Suci Siwaratri itu, menekankan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 di masyarakat.

Kegiatan patroli yang berlangsung pukul 21.00 Wita hingga pukul 23.00 Wita itu, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Jembrana Kompol I Putu Ngurah Riasa. Patroli malam hari itu melibatkan para Kasatgas besama sejumlah personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Agung 2021 Polres Jembrana dan sejumlah personel Sat Pol PP Jembrana.

Kompol I Putu Ngurah Riasa yang juga selaku Kepala Perencanaan Pengendalian (Karendal) Ops Lilin Agung Polres Jembrana mengatakan, patroli memasuki awal tahun itu, bertujuan mengantisipasi kegiatan masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19. Saat patroli malam tahun baru sehari sebelumya, situasi terpantau sudah berjalan aman dan lancar.

Namun, sambung Riasa, ketertiban masyarakat dalam menjalankan prokes tidak hanya diharapkan saat menyambut tahun baru saja. Prokes harus tetap dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. "Saat ini pandemi belum sepenuhnya hilang. Untuk itu kita berupaya mengingatkan agar masyarakat selalu mentaati protokol kesehatan (prokes)," ucap Kompol Riasa.

Dalam kegiatan patroli saat malam minggu tersebut, ada sejumlah tempat umum yang disasar. Mulai dari Pasar Senggol Negara, Pasar Senggol Ijogading, pertokoan dan para pedagang di sepanjang Jalan Hasanudin, kawasan jalan Civic Center Jembrana, Jalan Surapati di depan Kantor Bupati Jembrana. Setelah itu, patroli berlanjut ke Jalan Ngurah Rai, Jalan Gatot Subroto, Jalan Udayana, dan terakhir menyasar areal Angkringan Negara Bahagia di Terminal Negara.

Dari pelaksanaan patroli tersebut, petugas masih menemukan sejumlah masyarakat yang belum menaati prokes. Salah satu menyangkut penggunaan masker. Begitu juga ada beberapa pengusaha yang melanggar aturan jam malam. Namun beberapa pelanggar itu, diberikan imbauan mengikuti aturan yang berlaku. "Dalam pelaksanaan patroli, kita memberikan himbauan kepada pedagang dan pengunjung untuk menerapkan prokes. Kita ingatkan agar selalu mentaati prokes dan mengikuti aturan yang berlaku untuk mencegah penyeberan Covid-19," ucap Kompol Riasa. *ode

Komentar