nusabali

Pergantian Tahun Baru, Kota Negara Sepi

  • www.nusabali.com-pergantian-tahun-baru-kota-negara-sepi

NEGARA, NusaBali
Suasana Kota Negara, Kabupaten Jembrana sangat sepi begitu lewat pukul 22.00 Wita pada Jumat (31/12/2021). Pada sekitar pukul 21.00 Wita, dari sejumlah area publik di Kota Negara, hanya sempat ada keramaian masyarakat di areal Taman Pecangakan Jembrana.

Meski lampu taman dipadamkan dan tidak ada perayaan apapun, sejumlah warga memilih nongkrong bersama teman ataupun keluarga di seputaran taman seberang Kantor Bupati Jembrana tersebut. Namun memasuki pukul 22.00 Wita, ratusan masyarakat yang duduk-duduk di seputaran taman dibubarkan oleh petugas gabungan. 

Di samping membubarkan warga di Taman Pecangakan Jembrana, sejumlah tempat usaha termasuk pedagang-pedagang di pasar senggol diminta tutup pukul 22.00 Wita. Setelah melaksanakan sterilisasi tersebut, petugas gabungan berjaga-jaga di sejumlah ruang publik. Termasuk dari jajaran Forkopimda Jembrana beserta sejumlah petugas gabungan melaksanakan patroli hingga tengah malam, dan hasilnya terpantau situasi di seputaran Kota Negara sangat sepi. 

Ditemui usai kegiatan patroli, Bupati Jembrana I Negah Tamba mengatakan, sangat mengapresiasi kepatuhan masyarakat dalam mengikuti aturan pemerintah. Dari pemantauan di lapangan, penyambutan Tahun Baru 2022 dalam masa pandemi Covid-19 ini sudah berjalan aman. Selain situasi di kota sudah sepi per pukul 22.00 Wita, dari patroli ke desa-desa juga dipastikan tidak ada masyarakat yang sampai membuat posko perayaan tahun baru. 

“Masyarakat Jembrana sudah mulai semakin cerdas. Sudah mengerti dan paham mengikuti arahan dan imbauan dari pimpinannya. Baik dari kabupaten, provinsi, maupun pusat,” ucap Bupati Tamba. 

Di samping menaati prokes, sambung Bupati Tamba, dalam menyambut Tahun Baru 2022 ini, tidak ada masalah kriminalitas ataupun hal-hal yang menyangkut proses hukum. 

Sementara Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana juga sangat berterima kasih kepada masyarakat Jembrana karena disiplin dalam mematuhi prokes dan aturan pemerintah. Menurutnya, Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022, sudah berjalan baik di Jembrana. 

“Pada saat pelaksanaan patroli di atas pukul 22.00 Wita, aktivitas masyarakat sudah meredup. Termasuk para pedagang, pelaku-pelaku usaha lainnya, dan situasi terpantau sudah berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif. Situasi di wilayah Jembrana sudah berjalan dengan aman dan lancar. Astungkara, semoga ke depannya di tahun 2022 menjadi lebih baik lagi, dan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Jembrana dapat kita atasi dengan cepat,” ucap AKBP Juliana. 7 ode

Komentar