nusabali

I Nyoman Wiguna Jabat KPN Denpasar

  • www.nusabali.com-i-nyoman-wiguna-jabat-kpn-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Kelas IA Denpasar, Wahyu Iman Santoso yang baru 6 bulan menjabat kembali beralih.

Kursi KPN Denpasar akan diisi pejabat yang baru , I Nyoman Wiguna yang sebelumnya menjabat KPN Kendari, Sulawesi Tenggara.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara PN Denpasar, Gede Putra Astawa, Kamis (30/12). Disebutkan, Wahyu Iman Santoso akan mengisi jabatan baru sebagai Wakil Ketua PN Jakarta Selatan. “Untuk sertijab akan digelar sekitar Februri mendatang setelah SK diterima,” jelas Astawa.

Sementara itu, KPN Denpasar yang baru I Nyoman Wiguna merupakan putra daerah kelahiran Denpasar, 20 Desember 1970. Hakim yang sudah melanglang buana ke beberapa daerah di Indonesia ini tercatat pernah menjabat sebagai Ketua PN Praya, Ketua PN Tuban, Ketua PN Pangkalpinang dan Ketua PN Kendari.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun, hakim Wahyu Iman Santoso merupakan KPN paling singkat dibandingkan dengan KPN sebelumnya yang rata-rata menjabat lebih dari satu tahun. Selama memimpin PN Denpasar Wahyu Iman Santoso tercatat tidak banyak melakukan gebrakan.

Malah, terakhir Wahyu Iman Santoso membuat gaduh setelah beberapa hakimnya dikirim mengikuti Piala Ketua Mahkamah Agung di Jakarta pada awal Desember lalu. Akibatnya, banyak sidang yang ditunda dan mendapat komplin dari para pencari keadilan.

Tidak hanya itu, hubungan Wahyu Iman Santoso dengan rekan wartawan yang bertugas di PN Denpasar juga kurang bagus. Pasalnya beberapa fotografer sempat diusir dan tidak diperbolehkan meliput karena belum mendapat ijin liputan. Aturan ini jelas tidak lazim, sebab selama bertahun-tahun, PN Denpasar tidak pernah melarang wartawan meliput meski tanpa ijin majelis kecuali sidang tertutup untuk umum. *rez

Komentar