nusabali

Perayaan Tahun Baru Dikhawatirkan Muncul Klaster Baru

  • www.nusabali.com-perayaan-tahun-baru-dikhawatirkan-muncul-klaster-baru

MANGUPURA, NusaBali
Kasus Covid-19 di Kabupaten Badung menunjukkan tanda-tanda melandai. Bahkan, berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan, dalam seminggu ini tercatat nihil kasus baru di Gumi Keris.

Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Badung dr Wayan Darta, mengatakan dalam seminggu terakhir tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 di Badung. “Dalam seminggu terakhir nol kasus Covid-19. Tidak ada kasus baru. Tapi tetap harus menjaga protokol kesehatan (prokes) baik memakai masker, mencuci tangan, maupun menjauhi kerumunan,” ujar dr Darta, Rabu (29/12) kemarin.

Meski pemerintah sudah melarang adanya perayaan tahun baru, pihaknya tetap menekankan agar masyarakat menaati kebijakan pemerintah tersebut. Sebab, dikhawatiran perayaan tahun baru dapat memicu munculnya klaster baru. “Meskipun herd immunity sudah terbentuk, namun ini juga yang kami khawatirkan (muncul kluster baru, Red). Karena mobilitas masyarakat tidak bisa dibatasi,” katanya.

Menurut dr Darta, pandemi belum dinyatakan berakhir, sehingga masyarakat diharapkan tidak lengah untuk menerapkan prokes secara ketat. Apalagi kini mulai muncul varian baru Covid-19, yakni omicron dan delmicron yang penyebarannya jauh lebih cepat. Kabarnya, varian omicron telah sampai ke tanah air. Bahkan jumlahnya mencapai 68 kasus per Rabu kemarin.

“Walaupun angka kasus dapat ditekan, masyarakat juga harus tetap waspada. Kami akan tetap antisipasi dengan menerapkan 3T (Tracing, Testing dan Treatment), dan vaksinasi. Selain itu, pelaku perjanalan antar daerah harus diperketat,” tegas dr Darta.

Masih menurut dr Darta, seseorang akan terkonfirmasi kasus Covid-19 biasanya setelah enam hari masa inkubasi. “Artinya setelah kontak dengan seorang yang positif, ada masa inkubasi dari 6-14 hari. Kami antisipasi dengan melakukan testing di hari pertama kontak dan hari kelima. Jika kedua tes negatif baru bisa dikatakan tidak ada penularan Covid-19,” tandasnya. *ind

Komentar