nusabali

Danyon Mekanis GN Sambut Kepulangan 8 Personel dari BKO RI–RDTL dan Papua

  • www.nusabali.com-danyon-mekanis-gn-sambut-kepulangan-8-personel-dari-bko-ri-rdtl-dan-papua

NEGARA, NusaBali
Batalyon Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara (GN) menggelar upacara penyambutan kepulangan 8 orang personel yang telah selesai menjalankan tugas Bawah Kendali Operasi (BKO) di perbatasan RI – Republik Demokrat Timor Leste (RI–RDTL) dan Papua, Selasa (28/12).

Upacara penyambutan ini menjadi bentuk penghargaan atas dedikasi mereka sebagai anggota TNI. Upacara penyambutan di Markas Batalyon Yonif Mekanis GN, Jalan Udayana, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Jembrana dipimpin Komandan Batalyon (Danyon) Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara (GN) Letkol Inf Riza Taufiq Hasan. Penyambutan dilakukan mulai dari pintu masuk Yonif Mekanis GN dengan pengalungan bunga dan salam komando dari Danyon yang juga diiringi tepuk tangan dari para prajurit Yonif. Setelah pengalungan bunga, Letkol Inf Riza memberi piagam penghargaan kepada delapan personel tersebut.

Letkol Inf Riza mengatakan, upacara penyambutan ini merupakan salah satu tradisi. Upacara ini sengaja digelar sebagai bentuk penghargaan kepada personel yang sempat menjadi BKO ke sejumlah daerah. Dari 8 personel yang sempat di-BKO selama setahun itu, 1 personel di antaranya ditugaskan BKO di perbatasan RI–RDTL dan tujuh personel lainnya BKO Aparat Teritorial (Apter) di Kodam Cendrawasih dan Kodam Kaswari, Papua.

“Ini merupakan suatu tradisi yang sudah berjalan sebagai apresiasi untuk prajurit kami. Karena mereka sudah berhasil membawa nama baik satuan Yonif Mekanis 741 dan selama penugasan tidak terjadi masalah,” ujar Letkol Inf Riza.

Letkol Inf Riza menambahkan, delapan personel yang selama setahun di-BKO ke perbatasan RI–RDTL dan Papua ini, telah kembali ke kesatuan dan ke keluarganya dengan keadaan selamat dan sehat. Saat ini masih ada 11 personel Yonif Mekanis GN yang menjalankan tugas sebagai BKO di beberapa daerah.

“Kita bersyukur selama penugasan di tempat yang dituju, semua prajurit selamat tanpa ada masalah. Selama bertugas, komando dan pengendalian atas mereka ada di saya. Saya pun selalu kontrol terkait situasi dan kondisi anggota di sana,” ucap Letkol Inf Riza. *ode

Komentar