nusabali

Pengamanan Pantai Kuta Jadi Prioritas

Malam Tahun Baru, 2.148 Personel Gabungan Disiagakan

  • www.nusabali.com-pengamanan-pantai-kuta-jadi-prioritas

DENPASAR, NusaBali
Setelah melakukan pengamanan perayaan Natal pada 25 Desember 2021, kini aparat kepolisian siap siaga mengamankan malam tahun baru.

Untuk itu, sebanyak 2.148 personel gabungan dari Polresta dibantu Polda Bali bersama TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dinas terkait lainnya turun melakukan pengamanan.  Ada dua hal yang jadi fokus utama, yakni menciptakan kamtibmas yang kondusif dan pengendalian Covid-19. Setelah dilakukan pemetaan, pengamanan kawasan Pantai Kuta, Kelurahan/Kecamatan Kuta, Badung, jadi prioritas. Kawasan objek wisata tersebut bisanya dibanjiri pengunjung setiap malam pergantian tahun.

Kapolresta Denpasar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, mengatakan pengamanan malam tahun baru dijalankan sesuai dengan Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 dan SE Gubernur Bali Nomor 20 Tahun 2021. Pihak kepolisian ingin memastikan apapun kebijakan pemerintah dalam pengendalian Covid-19 dapat berjalan dengan baik.

“Ini semua membutuhkan kesadaran dan dukungan dari semua masyarakat. Saya yakin masyarakat Bali sangat patuh. Ini belajar dari pengalaman sebelumnya. Kita semua berharap agar liburan akhir tahun ini tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19,” kata Kombes Jansen saat jumpa pers ungkap kasus selama 2021, Selasa (28/12) pagi.

Saat ini yang dikhawatirkan adalah adanya Omicron yang merupakan varian baru Corona, yang sudah masuk ke Indonesia. Harapannya tidak sampai menyebar ke Bali. Salah satu kunci utamanya adalah kesadaran dari semua masyarakat untuk tertib menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Untuk memaksimalkan pengawasan, pemantauan, dan pengamanan tahun baru Polresta Denpasar menurunkan 1.146 personel. Seribuan personel ini dibantu oleh personel Polda Bali dan instansi terkait lainnya, sehingga seluruhnya berjumlah 2.148 personel.

Polresta Denpasar juga menyiapkan pos pelayanan, pos pengamanan, dan pos pengawasan. Pos pelayanan ada tiga titik, yakni di Terminal Ubung, Denpasar Utara, di Pelabuhan Benoa, Denpasar Selatan, dan di Bandara Ngurah Rai, Kecamatan Kuta, Badung. Pos pengamanan ada dua titik, yakni di Uma Anyar dan di Pantai Kuta.

Selanjutnya ada tujuh pos pengawasan, yakni di Lapangan Puputan, di Lumintang, di Pasar Badung, di Lapangan Puputan Margarana kawasan Niti Mandala, di Pantai Matahari Terbit (Sanur), di Pantai Double Six (Seminyak), dan di Pantai Pandawa (Kuta Selatan).

“Pos-pos ini dibangun karena di beberapa titik itu akan terjadi lonjakan penumpang maupun pengunjung. Pengawasan serupa juga dilakukan di mal dan pusat keramaian lainnya. Kami berharap para pengusaha bersama-sama memastikan pengunjung tertib dan taat prokes,” tutur Kombes Jansen.

Langkah-langkah yang dilakukan Polresta Denpasar dalam menghadapi pengamanan malam tahun baru, yakni menggelar ribuan personel yang sudah disiapkan pada tempat rawan gangguan kamtibmas, berkoordinasi dengan instansi terkait, gelar operasi di pos pengamanan, dan patroli rutin.

“Ada juga personel yang siaga di tiga titik lokasi, yakni di Denpasar Selatan, di Kuta, dan Mako Polresta. Kami juga mewaspadai pihak yang ingin buat kacau dari pihak garis keras. Mako Polresta dan Mako Polsek dijaga ketat,” tandasnya. *pol

Komentar