nusabali

152 Anggota Satpol PP Badung Awasi Prokes di 69 Gereja

  • www.nusabali.com-152-anggota-satpol-pp-badung-awasi-prokes-di-69-gereja

MANGUPURA, NusaBali
Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, perayaan Hari Natal yang berlangsung pada Sabtu (25/12), diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung mengerahkan sebanyak 152 personel, bersama instansi terkait melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes) di 69 gereja yang ada di Gumi Keris.

Kepala Satpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengatakan, hasil dari pengawasan tersebut secara umum hampir semuanya taat prokes dan kegiatan berjalan lancar. Pengawasan dilakukan untuk mencegah timbulnya klaster baru. “Kalau tidak ada kami, kadang petugas prokes gereja ewuh pakewuh (sungkan) untuk memberi tahu. Kalau ada kami mereka mau taat dan tertib. Jadi kami lebih ke pengawasan, kalau misalnya terjadi kerumunan kami imbau dan minta untuk bubar,” ujarnya, Minggu (26/12).

Dalam pengawasan ini, setidaknya Satpol PP menerjunkan 152 orang petugas yang tersebar di enam kecamatan di Badung. Pola pengawasannya di masing-masing gereja sudah ada petugas prokes. Kemudian petugas dari Satpol PP Badung bersama TNI, Polri mengawasi pelaksanaan ibadah Natal tersebut sehingga tidak ada kerumunan di dalam gereja. "Ada 69 gereja yang sudah kami awasi,” ucap Suryanegara.

Suryanegara menyatakan bersyukur lantaran pelaksanaan pengawasan perayaan Natal ini tidak ada terjadi kerumunan. Hampir semua jemaat gereja di Badung tertib prokes dan persembahyangan Natal berjalan aman dan lancar. “Secara umum pelaksanaan ibadah berjalan dengan baik, tidak ada kerumunan, dan sampai pukul 12.00 siang semuanya sudah selesai,” tandas birokrat asal Denpasar itu. *ind

Komentar