nusabali

Seekor Monyet Kembali Berkeliaran di Legian

  • www.nusabali.com-seekor-monyet-kembali-berkeliaran-di-legian

MANGUPURA, NusaBali
Seekor monyet kembali berkeliaran dan meresahkan masyarakat Legian pada Minggu (26/12). Pasalnya, monyet ukuran besar ini tergolong agresif saat didekati.

Selain bertengger di rumah warga, monyet tersebut masuk di dalam kawasan Hotel Legian Beach, Jalan Pantai Melasti. Untuk mengantipasi hal yang tidak diinginkan, petugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Legian turun ke lokasi untuk melakukan penanganan dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

Ketua LPM Legian I Wayan Puspa Negara menerangkan adanya monyet yang meresahkan itu berdasar laporan warga pada Minggu pagi. Monyet yang diduga berjenis kelamin jantan itu masuk di area Hotel Legian Beach. Selain nankring di pohon yang ada di lokasi, monyet itu juga naik di atap hotel. “Sebelumnya monyet itu masuk ke pekarangan warga juga. Monyet lompat dari pohon dan atap rumah. Sehingga dikhawatirkan merusak atap rumah warga,” kata Puspa Negara, Minggu sore.

Setelah mendapat laporan, tim LPM Legian bersama Linmas ke lokasi untuk menangani moyet liar itersebut. Selain itu juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menangkap dan melepaskan monyet tersebut ke hutan. Namun sayang, proses penangkapan monyet tidak berhasil dilakukan lantaran selalu berpindah-pindah dan naik ke pohon tinggi. “Monyet itu memang agresif saat didekati. Kami khawatir warga Legian ada yang jadi korban serangan monyet liar itu. Nah, kami ingin monyet ditangkap dan dikembalikan ke habitatnya,” ucap Puspa Negara.

Menurut dia, proses pencarian monyet liar itu dihentikan pada Minggu sore lantaran pihaknya dan masyarakat yang menelusuri kawasan hotel tidak menemukan monyet tersebut. Dia berharap, bagi siapapun yang melihatnya, untuk segera melaporkan ke pihaknya. Hal ini semata agar penanganan terhadap monyet itu segera dilakukan. “Kami melakukan penanganan secepat mungkin agar tidak ada yang jadi korban. Soalnya monyet itu agresif saat didekati, dan  menyerang warga yang coba mengusir,” kata Puspa Negara.

Terkait adanya monyet yang masuk ke pemukiman warga, Puspa Negara menyebut bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya sudah dua kali peristiwa serupa. Namun kejadian pertama dan kedua, monyet yang dilihat warga ada dua ekor. Kali ini hanya satu ekor saja.

“Selama pandemi ini, sudah tiga kali kejadian monyet masuk ke wilayah Legian. Pertama masuk ke hotel dan nyebur ke kolam renang. Kemudian ada yang masuk ke hotel dan masuk kamar-kamar hotel juga. Begitu juga kali ini menyasar hotel dan rumah warga. Kemungkinan besar karena hendak mencari makan,” tutur Puspa Negara. *dar

Komentar