nusabali

Ricky Kambuaya Inginkan Kemenangan Timnas Jadi Kado Natal

  • www.nusabali.com-ricky-kambuaya-inginkan-kemenangan-timnas-jadi-kado-natal

SINGAPURA, NusaBali.com - Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, sangat antusias menyambut pertandingan Skuad Garuda melawan Singapura di semifinal kedua. Apalagi, pertandingan ini berlangsung bertepatan dengan Hari Natal.

Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura, pada Laga semifinal kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam . Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1.

Kedua tim membutuhkan kemenangan untuk lolos ke final. Pasalnya, tidak ada regulasi keuntungan gol tandang pada Piala AFF 2020, karena digelar terpusat di Singapura akibat pandemi Covid-19.

Untuk itu, Ricky Kambuaya Ingin mempersembahkan kemenangan bagi Timnas Indonesia sebagai kado Natal.

"Tentunya saya dan teman-teman sudah lebih siap. Kemarin ada kekurangan sudah dievaluasi. Kami optimistis (menang). Yang kita Waspadai dari Singapura, tinggi badan pemain, dan bola set piece. Saya sendiri sudah siap dan optimistis untuk pertandingan. Saya lihat teman-teman juga sudah siap," kata Ricky Kambuaya usai latihan di Stadion Bishan, Singapura.

"Pertandingan bertepatan dengan Natal, saya pribadi mau kasih kado spesial, terutama untuk keluarga di Hari Natal, memberikan yang terbaik (menang) di pertandingan," tambah pemain asal Persebaya Surabaya tersebut.

Sementara itu penggawa skuad Garuda lainnya, Ramai Rumakiek, menyatakan kesiapannya menghadapi Singapura. Bagi pemain Persipura ini merupakan pengalaman pertamanya merayakan Natal di Skuad Timnas Indonesia. 

Ramai mengatakan hal itu bukan masalah untuknya. Ia juga yakin rekan-rekannya di Timnas Indonesia yang juga merayakan Natal akan tetap fokus dan mencurahkan 100 persen pikiran dan tenaga mereka untuk pertandingan melawan Singapura.

"Kami bermain membela negara. Mau itu Natal atau Tahun Baru, khususnya kami umat Kristiani," kata Ramai.

Ramai menambahkan, secara umum, Ia menilai pertandingan melawan Singapura sedikit lebih sulit karena tim berjuluk The Lions tersebut berstatus sebagai tuan rumah. Tekanan dari para suporter Singapura akan menjadi tantangan tersendiri bagi Ramai dkk.

"Kami harus memperbaiki mental kami dan kami siap untuk menghadapi Singapura di leg kedua nanti," ujar Ramai yang absen di semifinal leg pertama karena akumulasi kartu kuning.

Pada leg pertama, kedua tim berbagi skor imbang 1-1. Timnas Indonesia sempat unggul terlebih duku berkat gol Witan Sulaeman, namun berhasil dibalas oleh Ikhsan Fandi pada menit 70.

Meski Indonesia berstatus sebagai tim tamu di leg kesatu, tetapi tidak ada keuntungan gol tandang untuk tim Merah-Putih, karena aturan tersebut dihapuskan pada Piala AFF 2020 ini. Penyelenggaraan turnamen yang digelar terpusat di Singapura jadi alasan AFF menghilangkan aturan tersebut. 

Komentar