nusabali

Tahun 2022, Tabanan Uji Coba Kartu Tani

  • www.nusabali.com-tahun-2022-tabanan-uji-coba-kartu-tani

TABANAN, NusaBali

Tahun 2022,  Pemkab Tabanan berencana menguji coba kartu tani di seluruh kecamatan di Kabupaten Tabanan.

Dinas Pertanian Tabanan telah mengirim data Pendataan Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) ke pihak bank penyalur kartu tani.  Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Tabanan Ni Nyoman Ria Wati mengatakan, dengan uji coba kartu tani tersebut, petani akan mengetahui proses distribusi pupuk bersubsidi non tunai melalui distributor. Hanya saja, uji coba kartu tani ini tidak disertai dengan penyaluran kartu tani 100 persen pada tahun 2021.

Untuk diketahui, total kartu tani yang terbit di tahun 2021 sejumlah 36.622 lembar. Namun per Desember 2021 baru didistribusikan 21.098 kartu tani atau 57,61 persen. ‘’Banyak faktor penyebab pendistribusian kartu tani tak mencapai sasaran, salah satunya pandemi Covid-19,’’ jelasnya, Kamis (23/12).

Ria Wati mengatakan uji coba kartu tani rencananya akan dilakukan tahun 2022. Dinas Pertanian sudah mengirim data CPCL ke bank penyalur. Kini tergantung pihak bank penyalur kartu tani ini untuk memilih daerah mana saja yang distributor penyedia pupuknya siap. ‘’Kesiapan ini untuk menerima transaksi melalui sistem non tunai," ungkapnya.

Kata dia, penyaluran kartu tani ini membutuhkan kesiapan distributor. Karena ini terkait kesiapan mesin yang digunakan sebagai alat transaksi non tunai, teknisi maupun mengoperasikan alat transaksi tersebut. "Mudah-mudahan dalam uji coba ini tanpa kendala," harapnya.

Terkait belum tuntasnya penyaluran kartu tani tersebut, jelas Ria Wati, karena sejumlah faktor. Selain karena Covid-19 yang membuat ruang gerak terbatas mencegah kerumunan, juga ada penerima kartu tani ganda. "Waktu kami serahkan di Kecamatan Selemadeg Timur ada petani yang menerima kartu tani dobel. Ada yang sudah dapat, mereka ini lagi mendapatkan kartu. Jumlahnya ada sekitar puluhan petani dobel kartu,” tuturnya.

Kendatipun demikian, jelas dia, pendistribusian kartu tani tengah berlangsung secara bertahap. "Tetap ada distribusi kartu tani sekarang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," tandas Ria Wati.

Sesuai data Dinas Pertanian Tabanan, realisasi pendistribusian kartu tani tersebut meliputi Kecamatan Penebel 2.481 kartu, Baturiti 2,803, Pupuan 3,245, Selemadeg Timur 2,901, Selemadeg 937, Selemadeg Barat 518, Tabanan 2,613, Kediri 2,607, Kerambitan 1,311, dan Marga 2,414. *des

Komentar