nusabali

Beragam Bonsai Hiasi Anjungan Betutu Gilimanuk

  • www.nusabali.com-beragam-bonsai-hiasi-anjungan-betutu-gilimanuk

NEGARA, NusaBali
Pemerintah Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, menggelar pameran bonsai di Anjungan Betutu Gilimanuk (ABG), Kelurahan Gilimanuk. Pameran ini serangkaian memperingati HUT ke-39 Kelurahan Gilimanuk.

Pameran bonsai mulai Sabtu (22/12) - Rabu (22/12), diikuti 153 peserta dengan menampilkan beragam macam bonsai. Pada hari terakhir, Rabu (22/12), Bupati Jembrana I Nengah Tanah sempat mengunjungi pameran bonsai yang baru pertama kali digelar di ABG. Dari pantauan di lapangan, cukup banyak warga setempat dan masyarakat luar yang melintas tertarik untuk melihat secara langsung ratusan bonsai yang berjejer di areal parkiran ABG tersebut.

Di sela-sela kunjungannya, Bupati Tamba mengatakan, pameran bonsai yang digelar selama hampir sepekan di ABG itu, sangat baik. Khususnya memberikan nilai tambah bagi pariwisata di Gilimanuk. "Selain sebagai wadah bagi para pecinta bonsai untuk tampil, sekaligus untuk meramaikan suasana di sini. Ke depan kita akan terus adakan event di sini. Tidak hanya pameran bonsai. Tetapi event - event lainnya untuk menarik kunjungan wisatawan serta menyambut tahun baru 2022 yang akan datang," ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengatakan, untuk menunjang hal itu, di ABG yang sudah terkenal akan kuliner betutu khasnya, sudah disediakan sejumlah angkringan bagi para pedagang. Sehingga keberadaan ABG ini bisa lebih bermanfaat dan memberikan dampak ekonomi kepada pelaku UMKM. "Ini kolaborasi yang bagus. Kita tahu bonsai merupakan tanaman miniatur seni dengan nilai ekonomi yang tinggi, mampu menjadi magnet bagi masyarakat yang dipadukan dengan adanya kuliner betutu dan angkringan ini. Nah inilah peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Panitia penyelenggara, Edi Saputra menjelaskan, penyelenggaraan pameran bonsai ini berlangsung selama 5 hari, dari 18 Desember - 22 Desember dengan peserta 153 orang. Selain dari lokal Jembrana, juga ada beberapa peserta dari Buleleng. Jenis bonsai yang dipamerkan ada berbagai macam, mulai dari sentigi, kimeng, serut, loa, hingga asem.  "Selain pameran, juga dipertontonkan keahlian mendesain bonsai oleh beberapa peserta. Kami juga sudah siapkan doorprize bagi para pemenang bonsai favorit berupa uang tunai dan peralatan bonsai," ujar Edi Saputra. *ode

Komentar