nusabali

Hari Ibu, PKK Legian Kaja Bersihkan Sampah Kiriman di Pantai Legian

  • www.nusabali.com-hari-ibu-pkk-legian-kaja-bersihkan-sampah-kiriman-di-pantai-legian

MANGUPURA, NusaBali
Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Lingkungan Legian Kaja, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, melaksanakan kegiatan bersih-bersih Pantai Legian, Rabu (22/12).

Dalam aksi bersih-bersih itu, sebanyak 154 kilogram sampah berhasil diangkut dari Pantai Legian. Ketua Kelompok PKK Lingkungan Legian Kaja Ni Wayan Margiani, mengatakan aksi bersih-bersih tersebut dilakukan karena melihat kondisi Pantai Legian yang diterjang sampah kiriman selama beberapa pekan belakangan ini. Dia mengakui, bertepatan dengan Hari Ibu, diharapkan melalui kegiatan itu sekaligus ingin membuktikan bahwa seorang ibu juga bisa turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. “Kegiatan yang kami lakukan dalam perayaan Hari Ibu kali ini memang tergolong sederhana, namun tanpa mengurangi rasa kebersamaan dan syukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan,” katanya.

Dikatakan, kegiatan bersih-bersih pabtai mengangkat tema ‘Pantaiku Cantik Tanpa Sampah Plastik’. Sesuai tema tersebut, aksi bersih-bersih pantai dilakukan dengan sekaligus dibarengi langkah pemilahan sampah. Sampah organik ditindaklanjuti atas kolaborasi dengan pengelola pantai, sementara sampah plastik ditabungkan langsung ke Bank Sampah Legian Aksi Nyata unit Legian Kaja. “Volume sampah plastik yang berhasil kita kumpulkan sebanyak 154 kilogram langsung kami uangkan dan kami masukkan ke kas PKK. Jadi konsepnya dari PKK untuk PKK,” jelasnya.

Lebih lanjut Margiani mengatakan, masyarakat Legian khususnya Legian Kaja, aktif ikut menangani sampah kiriman di pesisir Pantai Legian. Mereka secara mandiri mengumpulkan sampah kiriman jenis plastik untuk ditabungkan ke bank sampah. “Pola itu sudah dilakukan oleh sejumlah nasabah bank sampah kami. Mereka secara aktif mengumpulkan sampah plastik yang menepi di pantai, dan setelah banyak langsung menghubungi kami di bank sampah untuk melakukan jemput bola,” beber Margiani.

Aksi ibu-ibu PKK yang mengisi perayaan Hari Ibu dengan aksi bersih pantai mendapat sambutan antusias dari Lurah Legian Ni Luh Putu Eka Martini. Terlebih perayaan Hari Ibu dengan kegiatan bersih pantai bukan hanya dilakukan PKK Lingkungan Legian Kaja saja, melainkan juga PKK Legian Tengah dan Legian Kelod.

“Perayaan Hari Ibu di Kelurahan Legian yang diisi dengan pelaksanaan bersih-bersih pantai tentu merupakan hal yang sangat positif, karena akan sekaligus memberikan manfaat yang baik untuk alam,” kata Eka Martini secara terpisah. *dar

Komentar