nusabali

37 Guru SMPN 5 Amlapura Latihan Persiapan Naik Pangkat

  • www.nusabali.com-37-guru-smpn-5-amlapura-latihan-persiapan-naik-pangkat

AMLAPURA, NusaBali
Kasek SMPN 5 Amlapura, Ni Nengah Santika Dewi, menggelar workshop persiapan naik pangkat di aula sekolah setempat, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Selasa (21/12).

Workshop ini diikuti 37 guru. Workshop diisi dengan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan dan penyusunan daftar usulan penetapan angka kredit (DUPAK) jabatan guru. Materi yang disampaikan penilaian kinerja guru, pengembangan keprofesionalan, sasaran kinerja pegawai, dan lainnya.

Santika Dewi menjelaskan, workshop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan keprofesionalan berkelanjutan, mampu merancang sasaran kinerja pegawai secara mandiri, dan mampu menyusun DUPAK tahunan. Workshop juga diselingi praktek menyusun DUPAK tahunan. “Pada saatnya naik pangkat, mereka tidak kesulitan mengisi formulir DUPAK. Selain memenuhi syarat administrasi angka kredit, guru juga yang naik pangkat wajib punya karya tulis penelitian tindakan kelas, best practice, penyusunan bahan ajar, minimal mengajar 24 jam, dan maksimal 40 jam,” kata Santika Dewi didampingi Ketua Panitia I Ketut Aryana.

Bagi yang telah memenuhi syarat naik pangkat, seluruh persyaratan disetorkan ke Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem. Setelah diverifikasi dan dinyatakan layak naik pangkat, wajib mengisi formulir DUPAK. DUPAK memuat biografi guru dan daftar usul kredit yang dinilai. Angka kredit menurut instansi pengusul dan angka kredit berdasarkan tim penilai. “Usulan naik pangkat secara online, hanya file yang dikirim ke pusat,” beber Santika Dewi. SMPN 5 Amlapura mendatangkan I Ketut Latri dan I Made Dirga sebagai narasumber. *k16

Komentar