nusabali

Siswa SMP Dibekali Bela Negara

  • www.nusabali.com-siswa-smp-dibekali-bela-negara

GIANYAR, NusaBali
Pasiter Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf Hengki Histoveri memberikan materi tentang Bela Negara di SMPN 2 Ubud, Kelurahan/Kecamatan Ubud, Gianyar, Selasa (21/12).

Pembekalan diberikan saat kegiatan latihan kepemimpinan (Latpim) OSIS masa bhakti 2021-2022 bertema ‘Melalui Latpim Osis Masa Bhakti 2021-2022 Kita Wujudkan Generasi Emas Berkarakter Pancasila’.

"Pembekalan ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia," ujar Pasiter Kodim 1616/Gianyar Hengki. Kata dia, tujuan bela negara untuk membentuk sikap dan perilaku Osis, sebagai pemimpin di lingkungan kesiswaan di sekolah. Selain itu, menumbuhkan kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Latihan kepemimpinan ini, lanjut Hengki, untuk memberikan sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan yang diberikan. Dalam latihan juga disampaikan tentang hakikat ancaman multidimensi. Diantaranya, narkoba, korupsi, separatis, perusakan alam, terorisme, kerusuhan konflik hirizontal, kemiskinan dan penetrasi budaya asing yang akan merusak diri dan bangsa. "Perlunya pelajar melakukan Bela Negara yaitu dengan cara  belajar dengan baik, berprestasi, cinta tanah air dan bangsa, taat dan hormat kepada orang tua, kegiatan yang bermanfaat, jaga lingkungan hidup, pelihara nilai-nilai Seni dan Budaya," ujar Hengki.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pasiter Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf Hengky Histoveri, Kepala Sekolah SMPN 2 Ubud AA Istri Agung Wahyuni, wakil kepala sekolah, serta puluhan siswa. Kegiatan latihan ini tetap mengutamakan prokes Covid-19. *nvi

Komentar