nusabali

Tim Yustisi Periksa Awak Kapal

  • www.nusabali.com-tim-yustisi-periksa-awak-kapal

Pemeriksaan dilakukan terhadap 13 orang awak kapal dan 21 penumpang KM Maumere asal Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura.

SINGARAJA, NusaBali
Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng terus menggencarkan pemeriksaan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lintas penyeberangan laut. Sejumlah awak kapal yang baru bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, langsung menjalani pemeriksaan, pada Minggu (19/12) pagi.

Puluhan penumpang dan awak Kapal Motor (KM) Maumere menjalani pemeriksaan dokumen administrasi hingga surat keterangan vaksinasi dan rapid tes, sesaat setelah kapal kayu yang ditumpanginya bersandar. Pemeriksaan ini dilakukan oleh Tim Yustisi Buleleng yang terdiri dari Satpol PP Kabupaten Buleleng, anggota TNI-Polri, dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP).

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan  mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap 13 orang awak kapal dan 21 penumpang KM Maumere asal Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura. Pemeriksaan kapal yang berlabuh di Buleleng untuk memastikan para penumpang dan awak kapal tak terinfeksi virus Covid-19.

Hasilnya, para awak kapal dan penumpang yang diperiksa membawa surat rapid tes dengan hasil negatif. Mereka juga melengkapi dokumen administrasi dengan surat keterangan telah divaksin Covid-19. "Terhadap seluruh penumpang telah dilakukan pemeriksaan cek dokumen berupa KTP, suket rapid tes negatif, serta beberapa surat pendukung lainnya. Hasilnya seluruhnya membawa dokumen yamg lengkap dan lolos skrining," ujarnya.

Kata Suwarmawan, kendati angka kasus Covid-19 di Kabupaten Buleleng cenderung melandai, pihak Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan pengawasan mobilitas masyarakat, termasuk yang melalui jalur laut. Setiap kapal yang hendak berlabuh di pelabuhan yang ada di Buleleng, akan melewati proses pemeriksaan dan skrining.

"Hal ini merupakan komitmen Satgas Covid-19 Buleleng sebagai upaya mencegah penyebaran virus dari luar," tandas Suwarmawan. *mz

Komentar