nusabali

Harga Sayuran Meroket, Seledri Tembus Rp 50.000 per Kg

  • www.nusabali.com-harga-sayuran-meroket-seledri-tembus-rp-50000-per-kg

DENPASAR, NusaBali.com - Bukan hanya harga cabai yang mengalami kenaikan memasuki bulan Desember atau musim penghujan. Harga sayur mayur juga mengalami kenaikan yang bervariasi. Bahkan harga daun seledri kini mencapai Rp 50.000 per kilogramnya.

Pantauan di Pasar Badung, Denpasar, Kamis (16/12/2021), selain harga seledri yang normalnya di kisaran Rp 15.000 per kilogram, harga brokoli juga meroket menjadi Rp 50.000 per kilogramnya. Sayur pok coy juga naik menjadi Rp 25.000 per kilogram.

Kasub Administrasi Pasar Badung, Ni Ketut Sumarni, mengatakan harga mulai merangkak naik dalam seminggu terakhir. “Sudah satu minggu naiknya,” terangnya.

Dikatakan, komoditi lainnya yang mengalami kenaikan signifikan yaitu sawi hijau seharga Rp 20.000 yang biasanya dihargai Rp 7.000. Sementara kacang panjang, kangkung, bayam, wortel, kentang juga mengalami kenaikan rata-rata Rp 2.000 dari harga biasanya.

Lain halnya komoditas kentang dan wortel harganya masih relatif stabil di kisaran harga Rp 12.000. 

Naiknya sejumlah komoditas sayuran di musim penghujan merupakan fenomena rutin setiap tahunnya. Sumarni menuturkan, berdasarkan pengakuan para pedagang di Pasar Badung, pasokan menjadi berkurang karena petani di kawasan Pancasari (Bedugul) mengalami kesulitan panen akibat cuaca yang kurang mendukung.

“Pedagang bilang penyebabnya karena cuaca dan curah hujan yang tinggi,” jelas Sumarni.

Ia menjelaskan, kenaikan harga sejumlah sayuran di pasaran mengakibatkan pembeli mengalihkan belanjanya ke sejumlah sayuran yang harganya masih stabil.

Menurutnya, tidak seperti cabai atau beras, kenaikan harga sayuran masih bisa disikapi pembeli dengan mengganti list belanjaannya.

“Pedagang mie yang harus memakai sawi hijau yang kena pengaruh, kalau kita yang konsumsi sendiri bisa beralih,” sebut Sumarni.

Sementara salah seorang pedagang pasar yang ditemui mengatakan, ia harus membeli sayuran secara eceran untuk menyikapi harga sayuran yang mengalami kenaikan. 

“Tidak berani beli terlalu banyak, takut tidak ada pembeli nanti,” sebut perempuan yang menjual aneka sayuran di lantai II Pasar Badung. 

Untuk diketahui, sebelumnya juga diberitakan komoditas cabai terus mengalami kenaikan harga memasuki musim penghujan. Per Kamis (16/12/2021) ini, bahkan telah menyentuh di angka Rp 80.000 per kilogramnya.
 
Harga cabai diperkirakan akan terus meningkat seiring segera datangnya Hari Raya Natal dan Tahun Baru. “Biasanya tembus di atas Rp 100.000 per kilogram,” sebut Sumarni. *adi
 

Komentar