nusabali

Dinsos Salurkan Bantuan Sambako dan Kasur di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-dinsos-salurkan-bantuan-sambako-dan-kasur-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Klungkung menyalurkan bantuan logistik untuk warga Kecamatan Nusa Penida yang terdampak banjir bandang, Rabu (15/12).

Bantuan berupa 120 kasur, 75 peralatan dapur, dan 175 paket sembako. Banjir bandang yang menerjang Kecamatan Nusa Penida Senin (13/12) dinihari menyebabkan kerusakan parah di 7 desa kawasan pesisir. Kerusakan terjadi di 185 titik lokasi dengan kerugian material ditaksir mencapai Rp 3,67 miliar.

Kadis Sosial P3A Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya mengatakan telah mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan warga Desa Ped yang rumahnya masih tergenang banjir dan lumpur. Sebanyak 87 warga Desa Ped rumahnya terendam air. “Bantuan logistik untuk membantu warga yang rumahnya masih terbenam,” ujar Gusti Mahajaya. Sementara Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada mengatakan, untuk membersihkan lumpur dan genangan air yang merendam rumah warga menggunakan mesin penyedot air. Air yang disedot dibuang ke laut. “Saat ini masih dalam penanganan karena wilayah yang terendam banjir sangat luas,” ungkap Putu Widiada.

Terpisah, Camat Nusa Penida Komang Widyasa Putra mengatakan dari kecamatan bersama unit teknis melakukan pembersihan di jalan protokol kota kecamatan. Pembersihan sisa-sisa lumpur agar aktivitas dan mobilitas masyarakat lebih nyaman dan berangsur normal. Banjir bandang yang menerjang Nusa Penida terjadi di 185 titik. Banjir bandang menghancurkan sejumlah tanggul pantai. Imbasnya, rumah terendam air, warung hancur, tembok panyengker roboh, hewan ternak mati, mobil dan sepeda motor tersapu lumpur. Tujuh desa kawasan pesisir Nusa Penida yang diterjang banjir bandang yakni Desa Sakti, Desa Batununggul, Desa Suana, Desa Kutampi Kaler, Desa Ped, Desa Lembongan, dan Desa Batumadeg. *wan

Komentar