nusabali

Didampingi Orangtua, Siswa SD di Denpasar Mulai Vaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-didampingi-orangtua-siswa-sd-di-denpasar-mulai-vaksinasi-covid-19

DENPASAR, NusaBali.com - Siswa dari 11 sekolah dasar di Denpasar mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19, Rabu (15/12/2021) pagi. Kick off vaksinasi melibatkan Puskesmas yang mewilayahi masing-masing sekolah.

Seperti SD Negeri 1 Pedungan yang didatangi tenaga kesehatan Puskesmas III Denpasar Selatan. Sekolah yang beralamat di Jalan Jalan Pulau Bungin, Pemogan, Denpasar Selatan, melaksanakan vaksinasi terhadap 98 siswa yang merupakan siswa kelas 5 dan kelas 6.

“Kemarin ada sosialisasi dari Puskesmas, guru-guru semua mendengarkan, kemudian kita WA ke orangtua siswa apa yang perlu dipersiapkan, kami berikan secara terperinci supaya program berjalan sesuai harapan,” terang Kepala Sekolah SDN 1 Pedungan, Dra Ni Made Lemik MPd di sela kegiatan vaksinasi.

Ia menjelaskan, setelah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas diputuskan vaksinasi pada hari pertama hanya diikuti oleh dua kelas. Hal itu dilakukan untuk mengindari terjadi kerumunan. Untuk kelas 1 hingga kelas 4 akan dilaksanakan Kamis (15/12/2021) besok.

“Jumlah murid keseluruhan mencapai  319 orang, bagaimana kalau itu datang semua sama orangtua murid, jadinya sekarang bertahap,” kata Lemik. 

Dari pantauan terlihat masing-masing tahapan vaksinasi dilakukan sedemikian rupa untuk mengurangi kerumunan. Tempat pendaftaran, ruang tunggu, dan observasi  ditempatkan di di ruang terbuka halaman sekolah. Sementara ruang skrining dan vaksinasi dilakukan di dalam ruangan kelas.

Tampak siswa didampingi orangtua masing-masing. Menurut Lemik, orangtua menyambut baik pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak mereka. Mereka dikirimkan form persetujuan mengikuti vaksinasi yang akan dibawa pada saat mengikuti vaksinasi di sekolah. 

“Pada prinsipnya orangtua murid, guru, dan kita di sekolah ini sangat mendukung kegiatan ini mudah-mudahan pelaksanaannya berjalan lanjar,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas III Denpasar Selatan, drg Putu Judy SS mengatakan berdasarkan koordinasi dengan pihak sekolah termasuk orangtua siswa diputuskan vaksinasi Covid-19 di SDN 1 Pedungan dilakukan selama dua hari.

Hal itu dilakukan melihat kesiapan Puskesmas dan juga terutama kesiapan orangtua siswa. “Dua kelas dulu, yang lain kami komunikasikan sambil mengumpulkan data,” kata Judy.

Ia mengingatkan jika data siswa yang valid sangat penting dalam proses vaksinasi Covid-19. Selain mengisi form persetujuan orangtua bagi anaknya mengikuti vaksinasi, Kartu Keluarga yang dibawa juga harus valid atau update.

“Kadang-kadang dari pengalaman kami yang umur 12 tidak terupdate KK-nya, orangtuanya lagi ke Disdukcapil untuk mengurus. Kalau tidak ada nomor KK yang valid tidak bisa teregistrasi, kasihan tidak bisa tervaksin,” tutur Judy.

Drg Judy mengungkapkan, Puskesmas III Denpasar Selatan mewilayahi 16 SD dan ditargetkan seluruhnya selesai melakukan vaksinasi dosis pertama pada 30 Desember 2021. 

Salah satu orangtua siswa, I Wayan Patra, yang datang mengantar anaknya melakukan vasksinasi mengatakan informasi vaksinasi dikabarkan pihak sekolah kepada anaknya, Selasa (14/12/2021).

Patra yang anaknya duduk di bangku kelas 5 langsung mengisi form persetujuan orangtua  mengikuti vaksinasi Covid-19.  "Saya sangat setuju sekali, untuk kekebalan anak, sebagai orangtua kami tidak was-was lagi. Juga supaya anak-anak bisa cepat belajar tatap muka secara normal, kalau masih setengah-setengah kurang sreg rasanya,” ujar Patra yang tinggal di Banjar Pitik, Pedungan ini. *adi

Jadwal Vaksinasi Covid-19 Usia 6-11 Tahun, Rabu (15/12/2021):

    Puskesmas Denpasar Utara 1 (SDN 17 Dangin Puri)
    Puskesmas Denpasar Utara 2 (SDPN Tulang Ampiang)
    Puskesmas Denpasar Utara 3 (SDN 33 Dangin Puri
    Puskesmas Denpasar Barat 1 (SD 16 Pemecutan)
    Puskesmas Denpasar Barat 2 (SDN 2  Pemecutan)
    Puskesmas Denpasar Timur 1 (SDN 10 Sumerta)
    Puskesmas Denpasar Timur 2 (SD Widya Sakti)
    Puskesmas Denpasar Selatan 1 (SDN 2 Sesetan)
    Puskesmas Denpasar Selatan 2 (SD 1 Sanur)
    Puskesmas Denpasar Selatan 3 (SDN 1 Pedungan)
    Puskesmas Denpasar Selatan 4 (SD Al Azhar)

Komentar