nusabali

Pangdam Ziarah ke TMP Pancaka Tirta

  • www.nusabali.com-pangdam-ziarah-ke-tmp-pancaka-tirta

DENPASAR, NusaBali
Memperingati Hari Juang TNI AD, Kodam IX/Udayana ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta di Desa Delod Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan, Selasa (14/12).

Kegiatan ini dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, diikuti para pejabat di lingkungan Kodam IX/Udayana dan undangan lainnya.

Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Antonius Totok Y P mengatakan Hari Juang TNI AD sebagai peringatan mengenang peristiwa bersejarah dalam mempertahankan kemerdekaan yang dikenal dengan Pertempuran Ambarawa yang terjadi pada 12–15 Desember 1945 yang dipimpin langsung oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Ziarah ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan gugur dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ini juga dimaknai agar sebagai generasi penerus bangsa selalu ingat dan meneladani jiwa perjuangan maupun pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa.

“Kemanunggalan TNI-rakyat harus terus terbina dan diperkuat sebagai satu kekuatan dalam menjaga kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Letkol Kav Antonius Totok.

Tema peringatan Hari Juang TNI AD 2021 adalah ‘TNI Angkatan Darat Bersama Rakyat Membangun Bangsa’. “Ini sebagai komitmen kita, bahwa TNI AD terus berupaya dan berperan bersama seluruh rakyat Indonesia dalam membangun bangsa,” tandas Letkol Kav Antonius Totok. *pol

Komentar