nusabali

Ratusan Jemaat Dirapid Antigen Jelang Perayaan Natal

  • www.nusabali.com-ratusan-jemaat-dirapid-antigen-jelang-perayaan-natal

MANGUPURA, NusaBali
Ratusan perwakilan jemaat Gereja dari seluruh Bali menjalani rapid antigen di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Kamis (9/12).

Pelaksanaan rapid antigen ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat kegiatan Natal bersama se-Bali yang rencananya akan digelar Jumat (10/12) hari ini.

Pelaksanaan rapid antigen dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Badung dengan menurunkan petugas dari 5 puskesmas dan Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Diskes Badung dr I Wayan Darta, mengatakan pelaksanaan rapid antigen tersebut merupakan langkah pencegahan agar saat perayaan Natal tidak terjadi penularan Covid-19.

“Hari ini (kemarin) kami melakukan rapid antigen untuk perwakilan jemaat Gereja yang akan hadir besok, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya, Kamis (9/12).

Menurutnya, dalam pelaksanaan rapid antigen ini staf dari 5 puskesmas dan RSD Mangusada diturunkan. Sebanyak 30 staf tersebut melayani sekitar 600 orang yang akan hadir dalam perayaan Natal.

“Kami menurunkan staf dari Puskesmas Mengwi I, Puskesmas Mengwi II, Puskesmas Mengwi III, Puskesmas Abiansemal I, Puskesmas Abiasemal III, kemudian dari RSD Mangusada. Sementara semua tenaga kesehatan masing-masing ada 5 orang dari satu instansi, sehingga totalnya 30 orang,” katanya.

Lebih lanjut dr Darta menjelaskan, dalam pelaksanaan rapid antigen ini seluruh perserta tidak dikenakan biaya. “Sejauh ini kami belum menerima laporan ada yang reaktif. Kalau pun ada penanganannya dilakukan sesuai prosedur,” tandasnya. *ind

Komentar