nusabali

Seluruh OPD di Bangli Verifikasi Data Kemiskinan

  • www.nusabali.com-seluruh-opd-di-bangli-verifikasi-data-kemiskinan

BANGLI, NusaBali
Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangli ditugaskan melakukan verifikasi data kemiskinan ke desa-desa.

Para OPD diberikan waktu hingga akhir Desember untuk melakukan pengecekan. Kadis Komunikasi Informatika dan Persandian Bangli, I Wayan Dirgayusa mengatakan, sejak November jajaran OPD turun ke desa-desa melakukan verifikasi data kemiskinan. Data akan diinput dalam sistem informasi data angka kemiskinan (SIDAK) Program Bangli Satu Data.

Menurut Wayan Dirgayusa, setiap OPD mendapat tugas ke desa. Penugasan disesuaikan dengan besaran OPD dan luas desa. “OPD turun ke desa-desa yang telah ditentukan dengan membawa data dari Dinas Sosial,” jelas Wayan Dirgayusa, Rabu (8/12). Data Dinas Sosial dicocokkan dengan data desa sesuai hasil musyawarah. OPD juga melakukan kroscek ke rumah KK miskin. “Jika ada KK tercantum miskin di data Dinas Sosial namun sudah ada peningkatan ekonomi maka data akan diperbaharui,” ungkap Wayan Dirgayusa.

Dinas Sosial akan menginput data-data yang sudah valid diinput oleh OPD. Mantan Camat Kintamani ini menjelaskan, verifikasi dan validasi data berlangsung hingga akhir Desember 2021. OPD mengatur jadwal turun ke desa. Wayan Dirgayusa mengaku belum mendapat data. Masing-masing desa melakukan input dan data keselurahan diinput oleh Dinas Sosial. *esa

Komentar