nusabali

Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang di Depan ABG

  • www.nusabali.com-cuaca-ekstrem-pohon-tumbang-di-depan-abg

NEGARA, NusaBali
Sebatang pohon perindang di sisi Jalan Umum  Denpasar – Gilimanuk, tepatnya depan Anjungan Betutu Gilimanuk (ABG), Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, tiba-tiba tumbang pada Selasa (7/12) siang.

Meski tidak ada korban, tumbangnya pohon perindang dengan ukuran cukup besar yang menutupi sebagian badan jalan pada jalur arah Gilimanuk menuju Denpasar itu, sempat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Berdasar informasi, pohon tumbang di depan ABG itu terjadi sekitar pukul 13.30 Wita. Saat kejadian pohon tumbang itu tidak ada hujan maupun angin kencang. Namun tumbangnya pohon dengan tinggi sekitar 7 meter itu, diduga akibat pengaruh cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Beruntung dalam kejadian pohon tumbang di sisi Jalan Umum Denpasar – Gilimanuk itu tidak sampai menimpa orang ataupun pengendara yang melintas.

Selain menutup sebagian badan jalan pada jalur arah Gilimanuk menuju Denpasar, kejadian pohon tumbang itu juga menutup akses kendaraan menuju ABG. Namun berkat kesigapan petugas kepolisian dari Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk dan Batalyon C Pelopor Gilimanuk Sat Brimob Polda Bali, pohon tumbang itu sudah bisa segera ditangani dan arus lalu lintas pun dapat berjalan normal kembali.

“Agar lalu lintas berjalan lancar, makanya kami bergerak cepat untuk membersihkan dan memotong pohon tumbang itu. Kami potong menggunakan chainsaw yang dimiliki Polsek (Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk). Setelah 20 menit, pohon tumbang itu sudah berhasil kami bersihkan,” ucap Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Kompol I Gusti Putu Dharmanatha.

Berkenaan musim hujan belakangan ini, Kompol Dhamanatha mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai bencana. Termasuk salah satunya bencana pohon tumbang. “Masyarakat kami imbau agar lebih hati-hati. Karena tidak menutup kemungkinan ada pohon tumbang lagi,” ucapnya. *ode

Komentar