nusabali

Peserta Pelatihan Kompetensi Menurun

  • www.nusabali.com-peserta-pelatihan-kompetensi-menurun

DENPASAR,NusaBali
Peserta  yang mengikuti prorgamn pelatihan kompetensi pada lembaga- lembaga pelatihan kompetensi mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir.

Penurunan tersebut merupakan dampak lain pandemi Covid-19  terhadap SDM. Ketua Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia (HILSI) Bali I Made Sumitra mengatakan Senin (6/12).  “Ini menjadi PR bersama,”  ujarnya.

Alasannya penurunan jumlah peserta tersebut berpengaruh terhadap kualitas SDM..“Makanya pandemi Covid-19 ini  besar dampaknya  terhadap SDM kita,” ujar pria asal Singaraja ini.

Pertama demikian banyak sumber daya manusia (SDM) yang terpaksa dirumahkan (tidak bekerja). Di sisi lain banyak lulusan SMA/SMK yang tidak bisa melanjutkan mengikuti program kompetensi. Padahal program kompetensi itu sangat penting.

“Dengan kompetensi, tidak saja bisa diterima bekerja di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Karena itu program kompetensi itu penting. Tidak saja dampak ekonominya (nanti) terhadap keluarga, tetapi juga wilayah atau lingkungannya,” kata Sumitra.

Harapan HILSI, ada kebijakan-kebijakan sehingga  pariwisata Bali dibuka, ekonomi jalan. UMKM dan UKM  menggeliat kembali. Dan para orang tua lulusan SMA/SMK bisa kembali bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Otomatis nantinya berpengaruh  terhadap dorongan bagi anak-anak tamatan SMA/SMK  melanjutkan pelatihan kompetensi.

Sebelum pandemi Covid-19, ada sekitar tamatan  7.000 -8.000  peserta yang mengikuti pelatihan kompetensi. Namun akibat pandemi peserta  turun sampai 50 persen.

“Ini menjadi ancaman  bagi kualitas SDM ke depan ,” ujar pria yang sehari- hari Ketua Yayasan Monarch Bali. Apalagi jika dikaitkan dengan Human Capital Index (HCI), dimana tahun 2018  HCI berada pada peringkat 87 dari 157 negara.

Di Bali sendiri  ada sekitar  200 lembaga pelatihan kompetensi di Bali. Tidak saja pelatihan  kompetensi bidang pariwisata, tetapi juga pelatihan untuk  bidang- bidang lain, seperti  kompetensi bidang keuangan. *K17

Komentar