nusabali

12 Provinsi Jadi Contoh Pengembangan UMKM

  • www.nusabali.com-12-provinsi-jadi-contoh-pengembangan-umkm

JAKARTA, NusaBali
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi kerja keras seluruh pihak yang telah menyukseskan rangkaian Festival Diskon Nasional (FDN) 2021.

Luhut berharap agar 12 provinsi yang telah mengadakan Gernas BBI sepanjang tahun 2021 terus mendorong pertumbuhan produk khas UMKM dan IKM dari daerahnya.

"Bali, Sumut, NTB, Jabar, Jateng, NTT, Sulut, Jatim, Aceh, Kaltim, Maluku, dan DKI Jakarta harus menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengembangan produk UMKM dan IKM produk artisan Indonesia," ujarnya melalui siaran pers, seperti dilansir Kompas.com, Senin (6/12).

"Semangat BBI harus selalu dijaga dan diimplementasikan dengan cara melakukan bimbingan bagi para pelaku usaha mengembangkan produknya dan berinovasi," sambungnya.

Secara nasional, sejak 14 Mei 2020 hingga bulan Oktober 2021, terjadi peningkatan UMKM atau artisan onboarding sebanyak 100 persen atau lebih dari 8 juta unit. Sehingga telah ada 16 juta unit artisan yang masuk ke ekosistem digital.

"FDN 2021 akan banyak memperkenalkan produk khas dari Indonesia, khususnya di DKI Jakarta. Berbagai diskon belanja untuk produk lokal akan diberikan," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu, dalam seluruh rangkaian Gernas BBI selama tahun 2021 dan FDN 2021, Bank Indonesia (BI) menjadi salah satu mitra kerja bagi UMKM dan IKM yang membantu pengembangan produk.

BI telah mengadakan berbagai pelatihan bagi para pelaku UMKM dan IKM di seluruh Indonesia dan juga memasukkan produk mereka dalam BI catalogue (katalog).

Direktur Utama BI Perry Warjiyo mengatakan, UMKM dan IKM yang menjadi salah satu roda perekonomian Indonesia di masa pandemi dan menjadi kunci kemajuan perekonomian bangsa.

"Ini yang menjadikan BI terus mendukung adanya Gernas BBI dan juga FDN 2021 untuk

terselenggara. Kami akan terus memberi pendampingan dan mendorong agar UMKM dan IKM ini terus maju dan berinovasi melalui produk khas masing-masing daerah," kata Perry. *

Komentar