nusabali

600 Penumpang Kapal Awu Diperiksa, Nihil Temuan

  • www.nusabali.com-600-penumpang-kapal-awu-diperiksa-nihil-temuan

DENPASAR, NusaBali
Kapal Awu yang datang dari Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat tiba di Pelabuhan Benoa, pada Senin (6/12) sekitar pukul 08.00 Wita.

Kedatangan kapal penumpang itu menjadi atensi jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Benoa dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Benoa untuk melakukan pemeriksaan. "Setelah kapal Awu tiba, kami memeriksa 600 penumpang di kapal tersebut," ujar perwira Pengawas Polsek Benoa Iptu Nyoman Edy Suharya pada Senin siang.

Diterangkannya, pengawasan terhadap semua penumpang yang datang ke Bali melalui Pelabuhan Benoa memang sejatinya mendapat pemeriksaan ketat. Pihaknya melakukan pemeriksaan mulai dari identitas berupa KTP, surat perjalanan dinas, surat vaksin dan surat rapid tes. "Ratusan penumpang ini datang dari NTT dan NTB. Mereka semua kita periksa sesuai dengan prosedur protokol kesehatan," terang Iptu Edy.

Kemudian, untuk pemeriksaan administrasi penumpang, persyaratan lainnya yang berkaitan dengan protokol kesehatan (prokes) juga diperiksa satu persatu. "Pemeriksaan berkaitan dengan prokes ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini di beberapa negara varian baru Omicron sudah ada," terangnya.

Keterangan terpisah, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Benoa Kompol I Nyoman Wiranata mengatakan pengetatan di Pelabuhan Benoa bekerja sama dengan instansi terkait. Dalam hal ini pihaknya terus melakukan sosialisasi, tak hanya kepada para penumpang tetapi kepada warga sekitar dan juga para nelayan.

"Para penumpang tidak bisa begitu datang langsung keluar untuk meninggalkan terminal. Sebelum meninggalkan terminal terlebih dahulu diperiksa. Dalam pemeriksaan hari ini (kemarin) semuanya lengkap. Ini menunjukan kesadaran masyarakat kita sudah bagus, tetapi tetap tidak boleh lengah," pungkasnya. *rez

Komentar