nusabali

Cuaca Ekstrem, Empat Pesawat Gagal Mendarat di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-cuaca-ekstrem-empat-pesawat-gagal-mendarat-di-bandara-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali.com – Setidaknya empat pesawat yang dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali harus mengurungkan niatnya lantaran cuaca buruk.

Gagalnya pendaratan ini terjadi saat Bali dilanda hujan ekstrem sepanjang Minggu (5/12/2021) malam.  Empat pesawat tersebut adalah  Super Air Jet Jakarta-Denpasar, Lion Air Makassar-Denpasar, Citilink Jakarta-Denpasar dan satu pesawat charter Jakarta-Denpasar.

Karena cuaca buruk, Super Air Jet berputar-putar di atas perairan Bali. Namun hujan deras membuat pilot tidak berani melakukan pendaratan di landasan Bandara I Gusti Ngurah Rai.  Hujan ekstrem akhirnya membuat pilot memutuskan mengambil langkah putar balik atau Return to Base, alias balik lagi ke Jakarta.

Sementara, di dalam pesawat, tampak sejumlah penumpang tidak terima jika pesawat harus balik lagi ke Jakarta. Video TikTok-nya viral yang diunggah akun @princess_mikhayla_kyle.

"Ribut di pesawat lah, emang cuacanya jelek mau gimana coba. Petugas udara kan cuman menjalankan tugas sesuai aturan," ungkap Mikhayla.

"Gw mah yang penting selamat, meski pun kerjaan berantakan anggap aja bukan rezeki," sambungnya.

Terkait gagal landingnya pesawat Super Air Jet dengan kode penerbangan IU 754, NusaBali.com mengkonfirmasi Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Senin (6/12/2021).

Taufan membenarkan Return to Base yang dialami maskapai Super Air Jet dengan kode penerbangan IU 754 dari Jakarta tujuan Denpasar.

Berbeda dengan Super Air Jet yang Return to Base, tiga penerbangan lain yang gagal landing di Bandara Ngurah Rai mengalihkan pendaratan  (divert) ke bandara lainnya.

Lion Air rute Makassar-Denpasar terpaksa harus landing di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Maskapai Citilink rute Jakarta-Denpasar harus mendarat di Bandara Juanda, Surabaya. Begitu juga pesawat charter  rute Jakarta-Denpasar melakukan pendaratan di Bandara Juanda Surabaya.

Hujan lebat yang mengakibatkan sulitnya maskapai mendarat di Bandara Ngurah Rai tentu juga berpengaruh terhadap jadwal keberangkatan pesawat dari bandara yang berada di Kecamatan Kuta ini. Tercatat pada Minggu (5/12/2021), ada empat  penerbangan yang harus delay (ditunda) penerbangannya.

Keempat maskapai yang harus menunda penerbangan tersebut adalah maskapai Super Air Jet, Citilink, Lion Air, dan Batik Air. Semuanya tujuan Jakarta.  

Sementara itu, meskipun hujan juga masih mengguyur Pulau Dewata pada Senin (6/12/2021), semua jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai berjalan sebagaimana mestinya. “Untuk hari ini tidak ada delay ataupun divert, berjalan normal,” jelas Taufan Yudhistira. *adi

Komentar