nusabali

Hujan Ekstrem, Banjir dan Pohon Bertumbangan di Denpasar

  • www.nusabali.com-hujan-ekstrem-banjir-dan-pohon-bertumbangan-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Hujan ekstrem yang terjadi Minggu (5/12/2021) malam hingga Senin (6/12/2021) pagi di wilayah Kota Denpasar, mengakibatkan terjadinya sejumlah bencana alam.

Selama terjadinya hujan ekstrem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menerima 14 aduan kejadian banjir, 4 pohon tumbang, dan 1 kejadian tanah longsor (mengakibatkan 3 mobil nyungsep ke sungai). 

Merespons pengaduan yang masuk, BPBD Kota Denpasar mengerahkan kekuatan pos aktif, dari 4 pos yang ada, dengan jumlah personel 36 orang ditambah TRC (Tim Reaksi Cepat) sebanyak 21 orang personel. Selain itu juga melibatkan instansi terkait seperti Dinas PUPR Kota Denpasar, DLHK Kota Denpasar, BPBD Bali, dan sejumlah relawan. 

“Untuk penanganan bencana ada yang sudah selesai ditangani, ada yang sedang berlangsung, dan ada yang belum bisa,” terang Sekretaris BPBD Kota Denpasar, Ardy Ganggas, dikonfirmasi Senin (6/12/2021) sore. 

Ardy mengatakan, terdapat kendala dalam penanganan banjir di wilayah Denpasar bagian selatan, meski saat ini air sudah berangsur surut. “Karena tadi kondisi air masih terus mengalir karena curah hujan di bagian utara sehingga mengantar air dan juga adanya faktor air pasang,” jelasnya

.

Dikatakan salah satu titik yang mengalami kebanjiran adalah PT Indonesia Power (PLN Pesanggaran), sehingga BPBD Denpasar mengarahkan personel Pos Juanda menuju TKP. Banjir dengan tinggi genangan air cukup tinggi (setinggi di bawah lutut) juga terjadi di Jalan Paku Sari, Sesetan.  “Yang diutamakan adalah keselamatan jiwa dan evakuasi barang-barang berharga atau elektronik,” ujar Ardy. 

Selain banjir, pohon tumbang juga banyak terjadi di wilayah Kota Denpasar akibat hujan ekstrem. Salah satu pohon besar yang tumbang terjadi di Jalan Raya Sesetan (selatan Gases Sesetan). BPBD Denpasar menerima aduan pukul 08.30 Wita dan langsung berkoordinasi dan mengarahkan petugas DLHK Kota Denpasar untuk menangani pohon angsana setinggi sekitar 10 meter yang melintang di atas jalan. 

Hujan ektrem yang terjadi Minggu (5/12/2021) sore hingga Senin (6/12/2021) pagi diperkirakan akan kembali mengguyur Kota Denpasar, Senin (6/12/2021) malam. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar dalam rilisnya, Senin (6/12/2021), menyebutkan cuaca berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Bali pada sore hingga malam hari.  

Untuk itu masyarakat diimbau untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrem yang berpotensi mengakibatkan bencana alam. BPBD sendiri siap menerima aduan terkait bencana alam dengan menghubungi 0361 223333 atau call center 118. *adi

Komentar