nusabali

Januari - November 2021, BPBD Terima 50 Usulan Permohonan Bantuan Bencana

  • www.nusabali.com-januari-november-2021-bpbd-terima-50-usulan-permohonan-bantuan-bencana

TABANAN, NusaBali
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan menerima 50 usulan permohonan bantuan bencana dari masyarakat.

Usulan tersebut telah ditindaklanjuti dengan pengecekan kerugian di setiap lokasi kejadian. Salah satunya, Bale Pebat (tempat mengolah daging untuk upakara) di Banjar Wanagiri, Desa Wanagiri, Kecamatan Pupuan, Tabanan. Bale ini hangus terbakar karena tersambar petir, dan telah ditidaklanjuti.

Kepala BPBD Tabanan I Nyoman Srinadha Giri menjelaskan, BPBD Tabanan sekarang tengah mengecek kembali usulan bantuan bencana yang diajukan masyarakat. Sejak Januari hingga November 2021, BPBD menerima 50 usulan permohonan untuk bencana dari masyarakat. "Usulan yang sudah kita Terima sekarang sudah 50 usulan bencana," jelasnya, Minggu (5/12).

Terhadap usulan tersebut, BPBD sudah menindaklanjuti dengan pengecekan kerugian ke lapangan. Pengecekan kembali bertujuan mengetahui kondisi sebenarnya. "Untuk usulan yang kita Terima, sudah kita cek terkait kerugian dan lain sebagainya. Nantinya usulan ini diusahakan dibantu dalam anggaran bencana tahun 2022," tegasnya.

Menurutnya, 50 usulan permohonan bantuan yang masuk itu dari berbagai kategori bencana. Mulai dari kebakaran, longsor hingga bangunan tertimpa pohon. Salah satunya pengecekan terbaru yang dilakukan adalah Bale Pebat di Banjar/Desa Wanagiri, Kecamatan Selemadeg. Bangunan berukuran 4 meter x 10 meter tersebut tersambar petir saat hari Penampahan Galungan lalu. "Awalnya yang tersambar petir ini penjor, kemudian percikan apinya menyambar atap Bale Pebat yang terbuat dari ijuk," jelasnya.

Akibat kejadian tersebut, bangunan yang baru selesai direnovasi setahun lalu pasca kejadian hangus terbakar tanpa sisa. "Kerugian sekitar Rp 250 juta. Namun usulan ini belum bisa dipenuhi BPBD Tabanan karena anggaran terlalu besar. Untuk itu renovasi ini akan diperjuangkan oleh anggota DPRD agar diusulkan mendapat bantuan dari pemerintah, baik derah, dan pusat," tandas Srinadha Giri.*des

Komentar