nusabali

Kodim 1609/Buleleng Tanam 1.300 Bibit Tanaman

  • www.nusabali.com-kodim-1609buleleng-tanam-1300-bibit-tanaman

SINGARAJA, NusaBali
Personel TNI dari jajaran Kodim 1609/Buleleng menanam 1.330 bibit tanaman produktif.

Penanaman dilaksanakan di dua kawasan hutan desa di Kecamatan Kubutambahan dan Kecamatan Buleleng, Jumat (3/12) pagi. Penanaman pohon itu juga diikuti oleh instansi Pemkab Buleleng, aparat kecamatan, aparat desa, warga desa setempat, anak muda, dan para pelajar. Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto mengatakan bibit tanaman yang ditanam di hutan Desa Mengening, Kecamatan Kubutambahan dan Desa Petandakan, Kecamatan Buleleng, merupakan tanaman produktif. Di antaranya, bibit durian, rambutan, dan alpukat. Selain itu, bibit tanaman keras yakni bibit intaran, dan flamboyan.

Letkol Windra menyebutkan di Desa Mengening, Kecamatan Kubutambahan, total bibit yang ditanam 980 pohon. Jumlah ini terdiri dari 450 bibit durian, 10 bibit rambutan, 500 bibit alpukat, dan 20 bibit tanaman keras yaitu 10 bibit intaran dan 10 bibit intaran. "Untuk di Desa Petandakan, Kecamatan Buleleng, kami total menanam 350 bibit tanaman. Diantaranya, 150 bibit durian, 150 bibit alpukat, dan 50 bibit rambutan," jelas Letkol Windra.

Kata Letkol Windra, penanaman ribuan bibit pohon produktif itu diharapkan bisa bermanfaat kepada masyarakat desa setempat, ketika nanti sudah berbuah. Selain itu, penanaman bibit ini dilakukan untuk bisa meminimalisir bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. "Saya minta tolong kepada pihak pemkab, kecamatan dan desa agar selalu menjaga kelestarian alam melalui penanaman pohon untuk alam ini tetap terjaga dan hasil dari tanaman tersebut bisa bermanfaat bagi generasi kedepan," harap Letkol Windra. *mz

Komentar