nusabali

3 Peserta CPNS Tabanan Absen Tes SKB

  • www.nusabali.com-3-peserta-cpns-tabanan-absen-tes-skb

TABANAN, NusaBali
Proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Tabanan telah selesai tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Rabu (1/12).

Dari 310 peserta yang harus mengikuti SKB, tiga orang diantaranya absen atau tak hadir tanpa konfirmasi petugas.  Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Wayan Budi Artana, seizin Kepala BKPSDM Tabanan I Made Kristiadi Putra mengatakan, proses SKB telah selesai diikuti peserta di BKPSDM Provinsi Bali, Rabu (1/12). Dari 310 peserta yang seharusnya ikut seleksi, hanya 307 yang hadir dan tiga orang absen. "Alasan tak hadirnya mereka, kami kurang tahu. Yang jelas, mereka tidak ada konfirmasi ke kami," tegasnya.

Dengan tidak hadirnya tersebut, maka otomatis 3 peserta ini tak lolos seleksi CPNS tahun 2021. Sementara bagi peserta yang sudah mengikuti SKB, tinggal menunggu pengumuman resmi dari pusat. "Jadwal pengumuman akhir kami belum tahu. Karena untuk Bali masih ada yang akan mengikuti seleksi," imbuh Budi Artana.

Dia menambahkan proses seleksi SKB yang berlangsung Rabu itu, diawasi oleh Ombudsman RI Bali, Komisi I DPRD Tabanan dan Inspektorat di Kabupaten Tabanan. Pengawasan ini dikakukan untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam proses seleksi. "Seleksi SKB untuk Tabanan berlangsung sehari dibagi menjadi empat sesi," tegasnya.

Sebelumnya, untuk seleksi CPNS di Tabanan tahun 2021, ada 3.793 pelamar lolos untuk mengikuti Seleksi Kompotensi Dasar (SKD). Namun dalam perjalananya, 404 peserta tak hadir mengikuti SKD sehingga hanya 3.389 yang bertarung merebutkan 127 formasi tersebut. Setelah SKD ini selesai dilakukan, hanya 2.143 pelamar yang memenuhi passing grade, sementara sisanya 1.246 pelamar tak lolos passing grade. Setelah dilakukan perankingan hanya 310 peserta lolos mengikuti SKB.*des

Komentar