nusabali

Dinas LHK Kerahkan 100 Personel dan Alat Berat

Bersihkan Sampah Kiriman di Kedonganan dan Jimbaran

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-kerahkan-100-personel-dan-alat-berat

MANGUPURA, NusaBali
Sampah kiriman betebaran di sepanjang Pantai Kedonganan, Kecamatan Kuta dan Pantai Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan.

Untuk membersihkan sampah tersebut, Jumat (3/12) hari ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) mengerahkan 100 personel dan alat berat ke lokasi. Pengerahan kekuatan penuh ini karena kondisi sampah kiriman di dua lokasi itu tergolong cukup banyak. Pantauan di lapangan, kondisi sampah kiriman di Pantai Jimbaran dan Pantai Kedonganan cukup banyak. Sampah berupa ranting kayu dan pohon itu ada yang sudah dikumpulkan jadi satu dan ada juga yang masih berserakan di sepanjang pantai. Selama kemunculan sampah kiriman yang disebabkan angin baratan itu, Dinas LHK belum pernah melakukan pembersihan.

Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) Dinas LHK Badung I Made Gede Dwipayana, mengatakan semenjak kemunculan sampah kiriman tersebut, belum pernah sekalipun dilakukan pembersihan. Selama ini, pihaknya dan masyarakat hanya mengumpulkan sampah tersebut secara manual. “Rencananya besok (hari ini) kami akan bersihkan secara keseluruhan, katanya, Kamis (2/12) malam.

Untuk membersihkan sampah kiriman itu, pihaknya mengerahkan 100 personel ke lokasi. Selain personel, dua alat berat juga akan dikerahkan untuk memudahkan proses evakuasi. “Untuk besok (hari ini) kami akan utamakan di Pantai Jimbaran, sementara di Pantai Kedonganan melihat situasi setelah itu,” kata Dwipayana.

Ditanyai terkait evakuasi sampah kiriman tersebut, Dwipayana menegaskan akan mengumpulkan terlebih dahulu di stop over (STO) yang ada di masing-masing pantai. “Kalau sampah plastik langsung kami angkut ke TPA Suwung. Tapi kalau yang ranting dan batang pohon, kami kumpulkan dahulu, baru setelah itu kami evakuasi semuanya,” jelas Dwipayana. *dar

Komentar