nusabali

Januari, Pedagang Bisa Mulai Jualan di Pasar Rakyat Gianyar

  • www.nusabali.com-januari-pedagang-bisa-mulai-jualan-di-pasar-rakyat-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Tinggal menghitung hari, aktivitas niaga di bangunan baru Pasar Rakyat Gianyar, pusat Kota Gianyar, akan dimulai.

Tepatnya, saat peresmian bangunan pasar itu pada Purnama Kepitu, Saniscara Pon Pahang, Sabtu (18/12).  Setelah itu, para pedagang akan diundi tempat berjualan. Awal Januari 2022, pedagang pun sudah bisa mulai berjualan. Hal ini diungkapkan Kepala Disperindag Gianyar Ni Luh Gede Eka Suari, Kamis (2/12) kemarin.

Dijelaskan, setelah dibangun hampir selama 2 tahun, Pasar Rakyat Gianyar rencana diresmikan sekalian upacara Pamlaspas. Peresmian direncanakan mengundang Gubernur Bali I Wayan Koster dan dihadiri segenap OPD Pemkab Gianyar. "Untuk undangannya sedang dikonfirmasi oleh tim," jelas pejabat asal Tabanan ini.

Rapat persiapan terkait peresmian itu, sudah digelar pada Rabu (1/12), dipimpin langsung Pak Sekda. Dijelaskan Eka Suary, untuk pengundian dan penempatan pedagang pada kios, los, dan toko, nanti akan dilaksanakan pada awal Januari. "Pada Januari nanti, pedagang juga sudah bisa berjualan di Pasar Rakyat Gianyar," terangnya.

Pedagang sudah siap jualan karena sebelumnya sebanyak 1.800an pedagang sudah mendapat sosialisasi pengenalan gedung, sehingga nanti pada saat menempati dagangan sudah memiliki gambaran lokasi. Disperindag sendiri akan menerima gedung sebagai serah terima kelola dari Dinas PUPR Gianyar.

Revitalisasi Pasar Rakyat Gianyar dibangun dengan 7 lantai, terdiri dari 2 lantai basement dan lantai 1 hingga IV. Pasar megah ini terdiri dari toko sebanyak 65 unit, kios sebanyak 1.039 unit, los sebanyak 943 unit, lapak pedagang sebanyak 629 unit. Pasar Senggol nantinya berada di basement lantai 1 dan parkir di basement lantai 2. "Pengerjaan fisik sudah tuntas, masih ada masa retensi atau pemeliharaan," jelas Eka Suary.*nvi

Komentar