nusabali

Pantai Kuta Dipasangi Wifi Gratis Bagi Wisatawan

  • www.nusabali.com-pantai-kuta-dipasangi-wifi-gratis-bagi-wisatawan

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai salah satu upaya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan WiFi, salah satu provider internet memasang lima unit WiFi gratis di objek wisata Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, Kamis (2/12) siang.

Pemasangan WiFi gratis ini juga sebagai upaya mendukung dan memaksimalkan program pemerintah dalam pemanfaatan barcode PeduliLindungi di akses masuk.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Badung I Nyoman Wiranata, mengatakan fasilitas WiFi gratis tersebut merupakan bantuan dari rekanan Pemkab Badung, dalam hal penyediaan fasilitas internet gratis di Gumi Keris. Hal itu dilakukan sebagai dukungan dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata, khususnya Kuta yang menjadi ikon pariwisata Bali. Pemasangan WiFi tersebut juga untuk mendukung pemasangan barcode PeduliLindungi, sehingga masyarakat yang tidak memiliki kuota internet bisa tetap mengakses internet.

“Selama ini di Pantai Kuta tidak ada fasilitas WiFi. Jadi mereka memberikan bantuan sekaligus untuk mendukung penerapan prokes Covid-19, khususnya barcode PeduliLindungi. Jadi, tidak ada alasan lagi wisatawan atau pengunjung yang terkendala akses internet untuk memindai barcode,” tegas Wiranata.

Dia menjelaskan alat WiFi terpasang di 5 titik strategis kawasan Pantai Kuta. Di antaranya, Pasar Kuta, depan Pura Desa Adat Kuta, depan Pasar Seni Kuta, pintu akses utama Candi Bentar Pantai Kuta, Kantor Satgas Pantai Kuta, dan Bangsal Jukung Nelayan Pantai Kuta. Tempat itu dipilih berdasarkan pertimbangan sisi manfaat yang diperoleh, di mana titik itu merupakan kawasan strategis yang menjadi tempat berkumpul maupun pusat aktivitas masyarakat dan wisatawan.

“Selain itu tempat tersebut juga dekat dengan lokasi barcode PeduliLindungi, sehingga dapat memudahkan untuk menjaga prokes,” kata Wiranata.

Sebelum WiFi tersebut terpasang, pihaknya juga sudah melakukan survei selama dua minggu. Setelah lokasinya dirasa cocok, kemudian dikoordinasikan kepada Bendesa Adat Kuta. Menurutnya, pemasangan WiFi tersebut akan memakan waktu selama 2 hari. Setelah itu masyarakat maupun wisatawan bisa langsung mendapatkan akses WiFi gratis, yang kecepatannya mencapai 20 Mbps. “Untuk pemeliharaannya ke depan, akan menjadi tanggungjawab perusahaan. Nanti masyarakat yang membantu pengawasan dan keamanan di lapangan,” tandas Wiranata.

Sementara, tokoh masyarakat Kuta yang juga anggota DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti, menyambut baik dan mengapresiasi pemasangan WiFi gratis tersebut. Dikatakan, selain memudahkan masyarakat dalam mendapatkan jaringan internet, juga dapat membantu kinerja petugas dalam sektor keamanan dan upaya menjaga prokes Covid-19 di Pantai Kuta.

“Kepedulian dari semua pihak patut kita apresiasi. Sebab, ini merupakan upaya yang diberikan dalam menunjang pemulihan sektor pariwisata. Kami harap langkah serupa juga bisa dilakukan pihak lain, sehingga Kuta bisa cepat bangkit dari keterpurukan akibat dampak pandemi,” kata Anom Gumanti. *dar

Komentar