nusabali

Dispar Rancang Sport Event Sasar Wisatawan Lokal

  • www.nusabali.com-dispar-rancang-sport-event-sasar-wisatawan-lokal

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pariwisata Buleleng di akhir tahun ini merancang dan mencari terobosan baru untuk membangkitkan pariwisata setempat.

Merasa tak dapat berharap pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dispar Buleleng berinovasi untuk mendatangkan wisatawan lokal dan domestik, melalui sport event. Rencana itu sudah dikomunikasikan dengan KONI Buleleng, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Buleleng, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Buleleng. Plt Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, mengatakan sport event tersebut tercetus sebagai solusi pariwisata Bali dan Buleleng yang saat ini belum ada harapan pulih.

“Kalau berharap dari wisatawan mancanegara belum memungkinkan dalam situasi pandemi dan adanya pembatasan saat Nataru. Sehingga kami mencoba mencari terobosan lain, agar pariwisata tetap bergerak dengan menyasar wisatawan lokal dan domestik,” kata Dody Sukma, Rabu (1/12).

Sport event ini direncanakan diselenggarakan di tahun 2022 mendatang. Dody yang juga Kadis Kebudayaan Buleleng mengatakan event akan dilaksanakan oleh masing-masing Pengkab cabang olahraga (cabor) yang bernaung di bawah KONI Buleleng. Selanjutnya BPPD yang akan mempromosikan, PHRI menyiapkan akomodasi, dan ekraf dan pemerintah menyiapkan pertunjukan seni dan sejumlah DTW yang memungkinkan untuk dikunjungi di sela event.

“Sasaran kami adalah peserta turnamen atau kejuaraan. Setidaknya dengan mereka datang ikut menjadi peserta, ada perputaran ekonomi di masyarakat. Potensi mereka untuk menikmati DTW yang kita punya setelah event berlangsung juga sangat memungkinkan,” kata mantan Camat Buleleng ini.

Sementara itu selain event keolahragaan, Dispar Buleleng juga sedang melakukan pendekatan pada komunitas penghobi. Seperti komunitas angler (pemancing), komunitas motor gede (moge) atau komunitas mobil tua yang akan disediakan event di Buleleng. Dia mengatakan sedang mematangkan rencana calendar of event 2022 tersebut dengan instansi terkait.

“Event ini adalah kolaborasi saling mendukung satu dengan lainnya, untuk membangkitkan pariwisata Buleleng. PHRI juga sudah menyiapkan paket diskon menginap, pemerintah juga nanti akan menyiapkan atraksi budaya sebagai suguhan yang dapat dinikmati wisatawan,” kata Dody Sukma. *k23

Komentar