nusabali

Jalin Kerja Sama, Telur Peternak Bangli Masuk Hotel

  • www.nusabali.com-jalin-kerja-sama-telur-peternak-bangli-masuk-hotel

BANGLI, NusaBali
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menandatangani letter of intent (LOI) dengan Marriott Group di Ruang Rapat Jaya Sabha, Selasa (30/11).

Kesepakatan kerja sama ini memastikan telur peternak Bangli akan disuplai ke hotel-hotel yang dikelola Marriott Group. Penandatanganan kerja sama dihadiri Vice President Marriott Indonesia Ramesh Jackson dan General Manager Multy-Property Vice President Marriot Indonesia, Oriol Montal.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menjelaskan perjanjian kerja sama antara peternak telur Kabupaten Bangli dengan Marriott Group merupakan pengembangan dari kerja sama antar daerah yang dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Bangli. Awalnya untuk pengendalian Inflasi Daerah, Pemkab Bangli melakukan kerja sama antar daerah (KAD) dengan Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, dan Kabupaten Lombok Barat, NTB. Pada perkembangannya perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali membuat terobosan untuk mendorong pemulihan perekonomian Provinsi Bali dengan memfasilitasi kerja sama dengan pengusaha. “Salah satunya Marriott Group yang membawahi 23 hotel di Bali,” ungkap Bupati Sedana Arta, Rabu (1/12).

Kerja sama ini meliputi produk telur. Hasil produksi telur peternak Bangli akan disuplai untuk memenuhi kebutuhan hotel. “Telur yang disuplai ke hotel harus memenuhi sejumlah persyaratan,” ungkap Bupati Sedana Arta didampingi Kabag Ekonomi Setda Bangli, Dwi Wahyuni. Bupati asal Desa Sulahan Kecamatan Susut Bangli ini mengatakan, ada perwakilan peternak yang mengirimkan suplai telur. Peternak ini akan mengambil telur dari peternak lainnya sesuai standar yang ditetapkan dalam kerja sama. “Perjanjian kerja sama ini berlaku dari 30 November. Masa kerja sama 1 tahun, dapat diperpanjang kembali,” jelas Bupati Sedana Arta.

Bupati Sedana Arta menyebutkan suplai telur sesuai kebutuhan hotel. Selain telur, Bupati Sedana Arta juga mengembangkan komoditi lainnya. Pertemuan dengan Marriott Group menyanggupi mengakomodir hasil pertanian lainnya. “Harapan kami semua komoditi unggulan Bangli seperti jeruk, sayuran, bawang merah, dan kopi dapat diserap,” harap Bupati Sedana Arta.

Bupati Sedana Arta mengungkapkan, Pemkab Bangli sudah penjajakan kerja sama dengan kabupaten dan kota se-Provinsi NTB dan Provinsi NTT. Saat ini masih menunggu proses kelanjutannya. Kerja sama meliputi hasil pertanian dan peternakan. Sementara Sekda se-Provinsi NTB melakukan kunjungan ke Pemkab Bangli, Selasa (30/11). Kunjungan ini merupakan penjajakan kerja sama antar daerah di bidang pertanian dan peternakan. Rombongan Sekda se-NTB dan BI NTB diterima Sekda Bangli, IB Gede Giri Putra. “Kami telah memaparkan potensi Kabupaten Bangli. Setelah ini ditindaklanjuti dengan rencana kersa sama,” kata Kabag Ekonomi Setda Bangli, Dwi Wahyuni. *esa

Komentar