nusabali

Panitia Pemilos SMAN 1 Amlapura Konsultasi ke KPU

  • www.nusabali.com-panitia-pemilos-sman-1-amlapura-konsultasi-ke-kpu

AMLAPURA, NusaBali
Jelang melaksanakan Pemilihan OSIS (Pemilos) SMAN 1 Amlapura, panitia berkonsultasi ke KPU Karangasem menyangkut teknis pelaksanaannya yang mengadopsi Pilkada Karangasem.

Selain memilih Ketua OSIS, rencananya juga memilih Ketua PKS (Patroli Keamanan Sekolah). Pemilos sendiri akan digelar pada 14 Desember 2021 nanti.

Kedatangan Panitia Pemilos SMAN 1 Amlapura ini diterima Komisioner KPU Karangasem Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM Putu Deasy Natalia di Sekretariat KPU Karangasem Jalan Bhayangkara Amlapura, Selasa (30/11).

Dari SMAN 1 Amlapura dikoordinasikan Ketua Panitia Pemilos dan PKS Ida Ayu Putu Sri Parminiwati, Ketua PKS I Gusti Bagus Pranata Surya Kusuma, dan Ketua OSIS I Gede Teguh Wilastarya Suandi. "Selama ini Pemilos dan pemilihan Ketua PKS dibagi empat TPS, untuk siswa dibagi tiga TPS, ada TPS khusus untuk guru dan pegawai," kata Ida Ayu Putu Sri, yang juga Ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas) ini.

Rencananya kata Ida Ayu Putu Sri, nantinya menggelar tahapan sebelum puncak pelaksanaan, ada kampanye dan ada debat melibatkan calon.

Deasy Natalia memberikan saran untuk debat diperlukan adanya panelis. Tugas panelis menyediakan pertanyaan untuk peserta debat.

"Nanti buatkan juga daftar pemilih untuk dibagi empat TPS. Sebab, Pemilos mengacu Pilkada, mesti ada daftar pemilihnya," kata Komisioner KPU Deasy Natalia.

Teknik pelaksanaan di puncak Pemilos kata Deasy Natalia, pemilih dipanggil satu per satu, setiap pemilih yang datang namanya ditandai di lembar daftar pemilih, selanjutnya diberikan surat suara. Surat suara itulah yang dicoblos di bilik suara, kemudian surat suara dilipat dimasukkan ke kotak suara. Terakhir salah satu jari tangan pemilih tersebut dicelupkan ke dalam tinta, sebagai bukti telah memilih untuk menghindari melakukan coblosan dua kali. "Nanti kami bantu fasilitasnya, berupa bilik suara, kotak suara dan teknis pelaksanaannya," lanjut Deasy Natalia. *k16

Komentar