nusabali

Industri Multifinance Nilai Sektor Properti Tantangan Berat

Komitmen Jangka Panjang

  • www.nusabali.com-industri-multifinance-nilai-sektor-properti-tantangan-berat

JAKARTA, NusaBali
Potensi perusahaan multifinance untuk memberikan pembiayaan ke sektor properti melalui KPR memang dinilai menarik terlebih ada dukungan insentif pemerintah terkait pembiayaan rumah.

Namun, bagi industri multifinance, sektor ini masih memiliki tantangan berat. Salah satu perusahaan multifinance yang baru saja masuk ke pembiayaan sektor properti ialah BFI Finance. Mereka bekerjasama dengan Sinarmas memberikan layanan KPR untuk unit rumah milik Sinarmas Land di BSD.

Hanya saja, Direktur BFI Finance Sudjono mengatakan, pihaknya belum menentukan target pembiayaan di awal kerjasama ini. Namun, ia bilang segmen dari pembiayaan KPR ini ialah eksekutif muda dengan kepemilikan rumah kecil.

“Yang pasti potensinya cukup besar, kami akan menetapkan target setelah diuji-cobakan tiga bulan ke depan,” ujar Sudjono seperti dilansir Kontan.co.id, Jumat (26/11).

Sementara itu, Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2B, Bambang W. Budiawan mengatakan, penyaluran pembiayaan ke sektor properti dinilai masih menarik untuk dikembangkan.

Mengingat, sifat jaminannya yang berupa tanah atau bangunan dilihat lebih aman dibandingkan jenis agunan lainnya.

Namun, per September 2021, OJK mencatat nilai outstanding pembiayaan kepemilikan rumah baru sebesar Rp 114,10 miliar atau turun 13,21% yoy. Adapun, jumlah perusahaan multifinance yang bermain di sektor ini sebanyak 23 perusahaan.

“Jumlah penyaluran pembiayaan KPR yang masih sangat kecil yaitu sekitar 0,03% dari total penyaluran piutang pembiayaan yang disalurkan oleh perusahaan pembiayaan,” ujar Bambang, Jumat (26/11).

Menurut Bambang, pertumbuhan pembiayaan di sektor ini belum akan signifikan dalam waktu dekat. Salah satu alasannya ialah pembiayaan KPR ini membutuhkan komitmen jangka panjang sementara sumber pendanaan perusahaan pembiayaan yang relatif berjangka waktu pendek atau menengah.

Sependapat, Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno juga mengatakan jangka waktu memang menjadi salah satu tantangan untuk melayani pembiayaan KPR. Oleh karenanya, saat ini perusahaan pembiayaan yang bergerak di sektor ini ialah perusahaan yang memiliki kepemilikan sama dengan pengembang.

“Kita (jangka waktu) pinjaman saja 3 tahun bagaimana mau ngasih orang pinjaman selama 10 tahun,” ujar Suwandi.

Selain itu, ia juga melihat persaingan bagi perusahaan juga cukup ketat dengan perbankan. Terlebih, suku bunga yang menurut Suwandi lebih murah didapatkan di perbankan. Sehingga, Suwandi melihat proyeksi perkembangan multifinance yang membiayai KPR ini masih cukup menemui jalan yang tidak mudah. Ia menilai masuknya BFI Finance ke sektor ini dikarenakan modal yang lebih kuat. *

Komentar